MOMspirations Parenthood

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan

Assalamu’alaikum fellow readers!

Sebentar lagi Kal akan berumur 3 tahun. Berarti sudah waktunya Kal mulai dikenalkan dengan lingkungan sekolah agar ia bisa belajar berinteraksi dengan teman-teman lain dan juga belajar menghormati orang yang lebih tua diluar lingkungan keluarganya, yaitu para guru.

Kemarin Kal baru daftar PAUD di dekat rumah. Not a fancy playgroup school though, hanya PAUD sederhana yang dari Kal bisa jalan (sekitar umur 11 bulan) selalu diajak ke PAUD tersebut untuk main-main disana. Letaknya diujung jalan rumah kami, dan PAUD tersebut jadi satu wilayah dengan musholla kecil disebelahnya. 🙂 Kal sendiri baru mulai sekolah pada tahun ajaran baru nanti, setelah Idul Fitri. Jadi sudah genap 3 tahun 3 bulan saat ia mulai “bersekolah”.

b-amakal-8 Perkembangan Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan

PAUD Tunas Dua Tujuh namanya. Kemarin waktu saya dan Kal kesana, para murid sedang belajar sholat dan menghafal doa-doa sehari-hari walau masih banyak juga yang asik sendiri gak ngikutin gurunya hahahaSurprisingly, Kal langsung berbaur dengan murid-murid lain yang notabene lebih besar daripada Kal. Kal juga tidak canggung ikutan sholat dan doa bersama padahal ia cuma pake celana pendek dan kaos kutung pas kesana edisi dadakan langsung culik, sedangkan yang lainnya pakai baju koko, atau gamis rapih. 😆 Kalau dilihat memang Kal termasuk yang gampang berbaur, ramah, sopan dan berani. I’m so thankful for that.

Ia pun tak asing dengan kegiatan tersebut karena setiap sholat kami, orangtuanya, selalu mengajak Kal sholat bersama dan berdoa setelah sholat. Kal juga sudah hafal beberapa doa sehari-hari seperti doa sebelum tidur, sebelum makan, sebelum berpergian, doa untuk orangtua, doa sapu jagad, doa setelah sholat, walaupun masih dengan hafalan khas bocah yang masih cadel. Alhamdulillah. 😀 

Kal juga sudah saya kenalkan tentang konsep “aurat”, sehingga sekarang dia maunya mandi dengan menutup pintu kamar mandi, selalu ngoceh “ini kan aurat mbaa, harus ditutup doonk”, atau dia sadar diri kalau orangtuanya habis mandi, terus ke kamar untuk ganti baju, Kal tidak boleh ikut masuk karena aurat orangtuanya sedang terlihat. Kalaupun masuk, dia ngumpet dibalik gorden, hahaha..

Back to the school, untuk biaya pendaftaran dan antek-anteknya juga tergolong murah, totalnya hanya sekitar Rp 680.000 sudah termasuk seragam, biaya peralatan, formulir, dll). Masuknya dari hari Senin sampai Kamis, jam 8-10 pagi. Biaya bulanannya Rp 50.000 saja. Saya juga sempat tanya background pendidikan para guru. Gurunya cuma 2 soalnya. Ternyata keduanya lulusan Sarjana Pendidikan. Sama dong kita buk! Rasanya sudah cukup percaya deh kalau begitu! Bismillah yaa Kal, semoga Kal senang sekolah disini. Sekolah pertamamu tidak harus mahal, karena pada hakikatnya, rumahmu lah yang menjadi sekolah pertamamu yang tidak ternilai harganya. 🙂

b-amakal-3 Perkembangan Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan

b-amakal-4 Perkembangan Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan

Untuk anak berumur 2 tahun 10 bulan ini sebenarnya apa saja sih aspek motorik dan kognitif yang sebaiknya sudah dikuasainya?

  1. Motorik Kasar : Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan selama paling sedikit 2 hitungan. Ini saya latih ketika berolahraga pagi bersama di taman sepetak di rumah.
  2. Motorik Halus: Meniru membuat garis lurus. Kal sudah fasih membuat garis lurus yang dia sebut sebagai air mancul Glend Indo Esa… 😆
  3. Bicara, bahasa dan kecerdasan : Menyatakan keinginan paling sedikit dengan 2 kata. Pada usia sekitar 36 bulan, perbendaharaan kata anak dapat mencapai 1000 kata dengan 80% kata-kata tersebut dapat dipahaminya. Pada usia ini biasanya anak mulai banyak berbicara mengenai orang-orang di sekelilingnya, terutama ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya. Yang ini gak usah ditanya, ceriwiss bangeet ngikut Bundo-nya, hahaha.
  4. Bergaul dan mandiri : Menyatakan keinginan buang air besar dan buang air kecil. Untuk Potty Training Kal sudah cukup pintar, tapi belum dilatih untuk lepas diaper pada malam hari dan pas pergi. (baca lebih lengkapnya disini dan disini)

Stimulasi apa yang harus diberikan kepada si buah hati?

  1. Melatih anak melompat jauh.
    Letakkan kertas ukuran folio di lantai. Ajarilah anak untuk melompati kertas tersebut dengan kedua kaki diangkat bersamaan. Latihlah agar lompatan anak semakin jauh.
  2. Mengajak anak bermain dengan balok.
    Ajaklah anak menyusun dan menumpuk balok mainan untuk membuat rumah-rumahan, jembatan, menara dan lain-lain.
  3. Melatih anak memilih dan mengelompokkan benda menurut jenisnya.
    Sediakanlah macam-macam benda (misalnya : kancing, uang, logam biji-bijian). Tunjukkan kepada anak cara mengelompokkan benda-benda tersebut menurut jenisnya, jelaskan pula sifat, warna, dan bentuknya. Mulailah dengan 2 jenis benda, kemudian tambahkanlah sejenisnya.
  4. Melatih anak menghitung jumlah benda.
    Ketika melatih anak mengelompokkan benda menurut jenisnya, ajarilah untuk menghitung jumlah setiap jenis benda. Buatlah kelompok dengan jumlah satu, dua, tiga, dan seterusnya.
  5. Melatih anak mencocokkan gambar benda yang sesungguhnya.
    Sediakanlah macam-macam gambar (dapat diambil dari majalah, buku, koran, dan sebagainya). Mintalah anak mencocokkan gambar-gambar tersebut dengan benda-benda disekelilingnya. Bicarakan pula bentuk dan sifat benda-benda itu.
  6. Melatih anak untuk menyebutkan namanya.
    Sebutkan nama anak dengan perlahan-lahan, kemudian mintalah ia mengulanginya.
  7. Melatih anak menyebut nama benda dan mengenal sifat/keadaan benda.
    Sebutkan nama benda yang ada disekeliling anak. mintalah ia untuk mengambil benda itu sambil menyebutkan nama dan sifat/keadaan benda tersebut. Misalnya: “Mobil-mobilan itu berwarna merah dan terletak dibawah kursi”
  8. Melatih anak mencuci tangan dan kaki, serta mengeringkannya sendiri.
    Ajarkan kepada anak cara mencuci tangan dan kakinya, serta mengelap bagian yang basah agar menjadi kering.
  9. Memberi kesempatan kepada anak untuk berpakaian dan memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya.
    Ajarkan kepada anak cara berpakaian sendiri dan usahakanlah agar ia mau memilih sendiri pakaian yang akan dikenakannya. (sumber)

b-amakal-5 Perkembangan Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan

b-amakal-7 Perkembangan Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan

Semoga nanti Kal bisa fasih dan tangguh menghadapi sekolah berseragam pertamanya. See you soon school! 🙂

photographed by amam Suci

*****

Wasalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

You may also like...

Mana jejaknya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

22 Comments

  1. Halo Mbak Ola, alhamdulillah pas berasa kurang ide ngajak anakku main apa lagi, mendadak ngeklik ke post ini dan ketemu ide-ide stimulasi kemampuan anak. Walo Aksa hampir 2,5 tahun, bisa lah yaa dicoba. Thanks Mbak Ola 🙂

    1. Ola Aswandi says:

      Sama2 mbaa.. Makasih juga sudah mampir yaaa.. 🙂

  2. Kal pinter banget sihhh!!!! Udah hapal doa-doa…
    Bener Olaaa, sekolah anak ga harus mahal. Ortu nggak boleh mengandalkan sekolah buat didik anak, apalagi tentang budi pekerti, karena itu semua harus sudah ditanamkan dari rumah 🙂
    Jeng Ola memang momspirations deeeehhhh

    1. Ola Aswandi says:

      your time will come Tiaaa.. enjoy the parenthood yaa.. 😉

  3. waah ilmu baru :))
    makasih ya mbak Ola infonya 🙂

    1. Ola Aswandi says:

      Sama2 mbak Nourmalita.. Thank you for visiting!

  4. Wah pinternya Kal, udah apal doa2 😀

    1. Ola Aswandi says:

      alhamdulillah anaknya cepet hafal yaaa 😀

  5. Mbaak..tips-tips ngajarin doa sama anak doong hehehe

    1. Ola Aswandi says:

      Nanti aku post tersendiri aah.. Makasih idenya Nad hehehe

      1. anytime, Mbak 😉

  6. tulisannya bagusss bundooo. foto2 dari amam jg cakepp. semangat sekolahnya ya mas kaal

    1. Ola Aswandi says:

      Makasih Apikaaah.. Karena sering latihan nulis di blog akhirnya tulisannya pun terasah.. *ciyeh* makasih yaa ontii, Kal pasti semangaat.. Bundonya aja yg susah dibangunin hahaha

  7. Mas kal pinter yaaa.. Nice post mba ola. 😀

    1. Ola Aswandi says:

      Terima kasih mba Lisna sudah mampir 🙂

  8. amuth says:

    kakak kal yang rajin sekolahnya yaa. dedek maish juga udah nggak sabar nih mau “main-main” di sekolah

    1. Ola Aswandi says:

      Makasih onti Amuth.. Sabar aja dek Maish, jgn kecepetan sekolahnya, nanti cepet bocen hehehe

  9. Anak2 saya juga mulai sekolah di usia 3 th. Utk Kal, selamat ya…. karena sudah mulai sekolah

    1. Ola Aswandi says:

      Terima kasih mba Santi sudah mampir.. Hehehe semoga anaknya senang dan semangat utk mulai sekolah 🙂

  10. Nice one Bundo..

    1. Maaci amaam udah fotoiin yaa