Tips Ngeblog 9: Read More Please

read-more-pls Tips Ngeblog 9: Read More Please

Assalamu’alaikum fellow readers!

Salah satu barokah yang saya rasakan pada bulan Ramadhan ini adalah produktivitas yang justru meningkat. Beberapa contohnya adalah selain ibadah yang meningkat porsinya, tentu saja produktivitas lainnya seperti ngeblog, blog-walking, dan juga…… dagang. Nyahahahaha..

Iya nih, pas bulan Ramadhan gini saya jadi lebih fokus kepada hal-hal yang memang diprioritaskan saja. Bagus laah, jadi gak sering-sering stalking akun gosyip toh.. hahaha.

Anywaaay, berhubung lagi rajin mode on, saya sempat jalan-jalan ke beberapa blog dari teman-teman blogger, khususnya teman-teman yang suka ninggalin jejak di blog saya. Rasanya saya harus membalas kunjungan & kemurahhatian teman-teman semua dengan cara mampir ke blog mereka dan turut serta dalam meninggalkan jejak.

Setelah sowan-sowan, ternyata banyaaaak yang memiliki blog cakep, produktif dan konsisten. Issh saya jadi maluuu deh kalau urusan ini. Sekian lama ngeblog masih gak bisa konsisten nulis terus. Pasti bawaan mood jadi salah satu faktor penting saya kalau mau ngeblog. Terlebih lagi urusan laptop saya yang lemot bingit, huaah makin malasss deh.. Sampai akhirnya si Bapake mbeliin laptop yang kuenceng minggu lalu.. Horeee jadi gak ada alesan lagi untuk gak ngeblog, ihik. 😀 Semoga jadi lebih rajin yaaa.. Maaci Bapake.

Sebenarnya saya mau bahas tentang apa sih?

Cuma hal remeh siiih.. Ketika saya mampir ke beberapa blog, ada 1 hal yang sangat mengganggu waktu bagian kepo-kepo saya, yaitu…

JENG JEEEEENGG….

Kok masih ada yang tidak menggunakan fitur READ MORE siiiiih??

Padahal sepele banget kaaan yaa..

Jaman sekarang cuma tinggal klik 1 tombol aja untuk bikin postingan blog kita digunting pakai fitur insert read more tag (ini nama persisnya kalau di blog wordpress.org milik saya ini). Saya pun sudah pernah membahas sedikit tentang fungsi dari si sakti read more ini di tips ngeblog 4 pada poin ke 4, yang poinnya membahas tentang keep your pages short. Tapi ternyata saya masih kurang detail dalam menjelaskan fungsi-fungsinya. So, baiklaah saya coba tulis disini dengan lebih terperinci yaa. Kalau masih kurang lengkap juga, boleh lho ditambahin di komen. Semoga bermanfaat!

Fungsi READ MORE pada postingan blog:

Membuat Tampilan Homepage pada Blog jadi Lebih Rapih.

Ini sudah pernah dibahas sedikit di tips ngeblog 4. Kalau semua post dijembrengin didepan, maka sungguh, para pengunjung blog kita akan memerlukan waktu sampai Subuh untuk sampai ke area paling bawah blog (footer) 😆 . Saya hanya menampilkan 5 cuplikan blog post terbaru pada homepage blog ini.

Oiya, usahakan proporsi jumlah postingan dan sidebar gak beda jauh alias masih seimbang yaa.. Jadi kompak gitu endingnya pada bagian bawah. Makin sejajar makin baik menurut saya, pardon my OCD. 

 duh pelik ngejelasinnya.. Emm.. Maksudnya tuh begini contohnya:

 akhiran-body-2 Tips Ngeblog 9: Read More Please

 ♦

Para Pembaca Jadi Penasaran dengan Isi Postingan

Akuilah, kebanyakan pembaca termasuk saya pasti senangnya scanning tulisan terlebih dahulu alias membaca cepat. Ketika ternyata kontennya oke, baru deh kita akan baca lebih lanjut sambil meresapi isinya. Nah kalau kita tidak menggunakan fitur Read More, maka para pembaca gampang banget untuk melihat secara gamblang tanpa tedeng aling-aling seluruh tulisan kita di homepage.

Terus kalo ternyata tulisan kita gak bagus-bagus amat, mau gitu pembaca klik URL masing-masing blog post?? 

Yaa tetep mau sih, khususnya kalau mau ninggalin jejak. Tapi biasanya itu juga gak lama dan tidak sempat terekam perangkat analitik SEO.

 read-more-ala-saya-2 Tips Ngeblog 9: Read More Please

 ♦

Meningkatkan Pageviews Postingan Blog

Nainii.. Kalau kita tidak biasa share URL link dari setiap postingan blog kita, biasanya jumlah pageviewsnya tidak akan terlalu ramai. Terlebih lagi kalau kita gak pakai fitur Read More, maka kecil banget kemungkinannya untuk para pembaca blog kita ngeklik postingan tersebut kalau semua isinya sudah keliatan didepan.

Intinya, ngapain ngeklik gitu lho.. kan udah baca semua sampai habis di homepage. 

Kecuali kalau mau kasih komen, yang mana sekarang sedikit banget yang mau ngeluangin waktu lebih untuk nulis komen.

Eiitts, tapi kalau di blog eike mah kudu rajin-rajin yaaa, insya Allah nanti saya kunjungi balik, muehehehehe.. 😀

contoh-pageviews Tips Ngeblog 9: Read More Please

contoh pageviews per postingan eike yang ala kadarnya.. hiks

Selain fitur Read More, di wordpress juga ada fitur excerpt. Kalau ini biasanya kita bikin tulisan pengantar sendiri di depan, bukan semata hanya penggalan tulisan dari postingan kita aja. Jadi bisa kita bikin lebih menarik ala-ala portal berita gitu yang bikin penasaran. Tapi tidak semua theme bisa pakai fitur excerpt ini. Jadi tergantung bawaan tema. Theme blog saya salah satu yang tidak bisa pakai fitur ini. Yaaa atau mungkin bisa kali yee.. cuma gue aja yang gaptek

Demikianlahhh sedikit cerpen tentang si Read More, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Maafkan pengetahuan yang seadanya ini yaaa.. Kalau masih ada fungsi-fungsi lain dari doi bisa lho ditambahin di komen. Namanya juga berbagi pengetahuan yee kaan.. 🙂

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Tips Ngeblog 9: Read More Please547 unique page views

24 Comments

  1. Paragraf pertama dari sebuah postingan juga penting menurutku.. Jadi sebelum “read more” lebih enak di paragraf awal jadi prolog-nya gitu biar pembaca makin penasaran hehehe..

    Tapi ini sih masih PR juga buat aku, bikin prolog yang bagus antara memang menarik buat pembaca atau malah jadi sok deket hahaha 😀

  2. Iya read more penting mba, walaupun blog saya secara template nggak ada readmore tapi sudah otomatis….kita pembaca lebih praktis…
    salam kenal..

  3. Hai Mbak Ola, salam kenal ya.m.
    Aku baru tau nih baru-baru ini lho mbak kalo read more bisa diatur. Dl mikir kalo ada gak ada read more itu tergantung theme nya… hahaha maklum baru eksis di kancah perbloggingan.. 😀

    Sukses ya mbak.. info di blog nya bermanfaat sekali. 🙂

  4. Nambah ilmu lagi.. Dari awal ngeblog (lagi) aku suka ngikutin tips2 ngeblog dari kamu. Hehehe ditunggu tips2 selanjutnya Ola 😀

  5. Waah laptop baru ya mbak. Senangnyaa….*gagal fokus*
    by the way memang fungsi read more jadi bikin orang penasaran ya. Jadi pengin baca tulisan kita lebih jauh ..Thanks tips nya mbak.

    • Hai mbak Nunung.. Hahaha ini foto bareng terakhir sama laptop lama yg udah copot2.. 😂

      Makasih udah mampir yaa

  6. *brb insert jump break* Suka lupa olaaaa, hahaha. Thanks for reminding, hihihi. Btw kalo pageview ola alakadarnya, apa kabar guweeeeee, hahahaha. Ih receh dibanding ola. :)) *krai*

    • Ahiyaaa di blogpost namanya jump break yaa.. Udah lamaa gak main2 ke bp.. 😀

      Masih gak ada apa2nyaa itu sm yg pejviews ratusan ribu *krai jugak*

Mana jejaknya?