Tips Ngeblog 2: Blogger atau WordPress?

Assalamu’alaikum fellow readers!

Saya lanjutkan pembahasan kemarin tentang Tips Ngeblog ini yaa.. Saya akan sedikit menjelaskan tentang keunggulan dan kelemahan 2 platform blog terbesar, yaitu blogger.com dan wordpress.com. Siapin cemilan.

Blogger_logo-7-e1412969684161 Tips Ngeblog 2: Blogger atau Wordpress?

Keunggulan blogger.com

  • Gratis. Gampang banget untuk daftar di blogger. Apalagi blogger miliknya google, jadi kalau punya akun gmail, otomatis sudah punya akun blogger. Untuk membuat sebuah blog baru, cukup ke web blogger.com dan langsung klik button “new blog”. Kemudian pilih nama URL (.blogspot.com) yang diinginkan, pilih template, jadi deh! Jangan terkecoh ya, walau webnya bernama blogger.com tapi domain yang akan diberikan adalah .blogspot.com 😀
  • Tampilan posting yang sederhana. Tinggal klik button dengan gambar pensil, blogger akan langsung diarahkan ke template posting. Pilihan font standar, mudah untuk menambahkan video, list, link, dan foto. Pada blogger.com terdapat fitur “label” yang fungsinya sama seperti “tags” di wordpress.com. Disini juga bisa schedule post untuk waktu yang blogger inginkan. Sama seperti wordpress.Screen-Shot-2015-01-13-at-1.49.20-AM-1024x472 Tips Ngeblog 2: Blogger atau Wordpress?
  • Adsense friendly. Berhubung ini punyanya Google yaa, jadi semua blog yang ada di blogger.com bisa memonetisasi blognya sejak hari pertama dibuat. Cara pasangnya pun sangat gampang. Ini adalah salah satu cara untuk dapat tambahan penghasilan dari ngeblog. Tapi tidak semua blogger suka kalau blognya ada iklannya (termasuk saya), apalagi kalau iklannya random dan tidak sesuai dengan tema blog saya.
  • Gadget sebagai pelengkap tampilan blog. Kalau di wordpress.com namanya widgetMenurut saya pilihan gadget yang diberikan cukup beragam.

Kelemahan blogger.com

  • Seragam. Yep, tampilan blog dari para blogger akan terasa mirip dan sama. You’re going to look like every other blogger site. Buat saya, ini ganggu banget. Terlebih untuk tampilan mobile-nya. Makanya para blogger di blogger.com banyak yang tidak mau pakai tampilan mobile karena sangat standar dan boring. Tapi kalau yang hobi ngulik HTML dan cari template gratisan yang kece serta rela begadang semaleman untuk coding dan merger konten lama dengan tampilan baru supaya pas dan tidak ada yang missing, insyaAllah tampilannya akan beda (dikit) dari yang lain. Been there done that. 😀
  • Tidak bisa memoderasi komen yang masuk. tidak ada opsi untuk mengontrol komen yang masuk. Pilihannya cuma “allow” atau “remove content”. Selain itu, kalau mau reply komen, blogger harus buka postingannya satu-satu. Kebayang gak kalau blognya udah terkenal, dan komennya banyaak? Time consuming banget. Makanya jangan heran kalau kamu kasih komen di blog berbasis blogger.com dan komennya bakal dicuekin oleh empunya blog. 😀 Selain itu menurut saya, agak susah untuk komen di blog berplatform ini. Oh 1 lagi, I hate captcha! Argh… Semoga ada perubahan. ASAP.
  • 1 GB only for photo storage. Saya tidak begitu tahu tentang ini, tapi hasil browsing menyebutkan seperti ini. Walau katanya sekarang bisa dipindah ke google drive yang menyediakan storage yang lebih besar.
  • Tidak ada dashboard khusus untuk melihat media apa saja yang sudah diupload. Bisa sih dilihat di picasa. But yet, another time cansuming karena blogger harus jump ke web lain hanya untuk lihat foto yang sudah diupload.
  • Ran by Google, owned by GoogleBagi beberapa orang mungkin ini terdengar lebih prestige dan kece. Semua ada di servernya Google. Artinya Google yang kontrol dan jadi penentu kelangsungan blog kamu. Saya pernah baca tentang beberapa blogger yang menghadapi mimpi buruk waktu tiba-tiba blognya hilang gitu aja, gak berbekas. Gak ada alasan apapun. Kan serem yaaaa.. Jadi, blogmu bukanlah milikmu, mereka punya akses untuk intip-intip kedalam blog kamu.

Kesimpulan: blogger.com pilihan yang cukup baik dan tampaknya cocok untuk para casual blogger, mengingat tampilannya yang sederhana dan tujuannya yang simpel untuk “ngeblog” dan tidak memerlukan banyak fitur.

******

wplogoblue-stacked-rgb-300x214 Tips Ngeblog 2: Blogger atau Wordpress?

Keunggulan wordpress.com

Kelemahan wordpress.com

  • Tidak bisa ngiklan. Karena pihak wp melarang untuk ini. Ini bisa jadi kelemahan atau keunggulan sebenarnya tergantung siapa yang memandang. hehehe, buat saya ini malah keunggulan karena alasan yang saya tulis sebelumnya. Tapi jangan sedih, kalau wordpress kamu sudah di upgrade menjadi self-hosted web, kamu bebas lepas pasang iklan apa saja, affiliate marketing, adsense, apa saja bisa, dan bisa diatur sendiri posisinya biar gak “ganggu” estetika blog.
  • Butuh waktu untuk belajar karena fiturnya yang banyak. Ini yang jadi hambatan saya sewaktu awal kenalan dengan wordpress.
  • (Bisa jadi) mahal. Ini untuk yang sudah upgrade blog.

Kesimpulan: wordpress adalah pilihan yang baik untuk para blogger yang ingin tampil lebih profesional, dan nantinya ingin mengembangkan blognya lebih jauh. Tapi saya akui, wordpress tidak untuk semua orang. Butuh effort untuk mempelajari wordpress. Tapi kalau sudah kenal, rasanya males pindah ke lain hati.

*****

Kebanyakan blogger mulai ngeblog karena hobi, tapi begitu mereka menyadari potensi dari blog mereka, mereka pun membutuhkan kontrol yang lebih banyak yang tidak bisa diberikan oleh blogger.com. Menurut saya, wordpress adalah “pondasi” yang lebih baik ketika kamu memutuskan untuk ngeblog. Saya pribadi lebih nyaman di wordpress karena fiturnya yang lengkap dan saya juga orangnya detail oriented. Tapi ada banyak blogger terkenal Indonesia yang memakai blogger.com sebagai platform mereka, dan mereka booming aja tuh. Semua balik lagi ke masalah konten dan…. rejeki. 😆

Jadi, apa blog platform pilihanmu dan kenapa kamu memilih itu? Share yaa di komen. 🙂

Semangat ngeblog!

credits: my references are from here, here, here, and here.

*****

Wasalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Tips Ngeblog 2: Blogger atau Wordpress?384 unique page views

24 Comments

  1. Tapi kalau yang hobi ngulik HTML dan cari template gratisan yang kece serta rela begadang semaleman untuk coding –> HOHAOHAOAHOA ini gue banget. punya blog karena menyalurkan hasrat ngoding dan desain -___-” hahahaha

  2. Nanti saya link boleh ya Jeung Ola blognya. Hihihi. Secara mau bikin postingan serupa kok ya minim pengalaman di blogger. Pernah make tapi gak sampe dalem sih.

  3. Salam kenal Mba Ola. Dulunya bikin blog di blogger, trus ga diapa2in. Pas mule ngeblog lagi, bikin di wp. Paling suka karena tampilannya simpel

  4. Kenal WP karena Multiply rumah yg adeem digusur 🙁

    Sayangnya di WP semua bisa masuk dan baca, sementara di Mp postingan bisa diatur untuk siapa postingan dibuat 🙂

    Ini juga yang menjadi saya rada-rada ngga terlalu bersemangat nulis..aahh ini mah alesan, dr kemaren dulu juga sudah banyak malesnya hehe

    Salam kenal ya mbak Ola..panggilannya kaya panggilan anak saya yg no 2..Ola 🙂

    • Salam kenal mbaa.. Ternyata banyak yaa yg ngeblog dari jaman Multiply.. Wah namanya samaaa hiihihi..

  5. Hallo mak, salam kenal
    Kalo aku suka di blogger karena murah terdetect di Google, trus bisa ditambahin macem2 widget.
    Btw, komen bisa kok dimoderasi, tp Ga bs diedit macem wp. Kalo aku lebih suka dimoderasi, jd tukang obat Ga sembarangan komen.
    Kalo aku, kalo ud dimoderasi, Ga pake capcha, kesian yg pake mobile musti 2x kerja.

    Kalo wp memang minimalist, tapi ya terbatas sama themenya, kalo gratisan Ga bs diapa2in. Ga bs juga ditambah2in macem blogspot.

    Aku pake 22nya masih yg gratisan.
    Blognya bagus banget mbakkkkk. Kereeennn

    • Salam kenal juga mak.. Ini aku blognya pake theme gratisan dr wp aja lho hehehe.. Memang semua ada plus minusnya dan balik lagi ke kecocokan masing2 yaa..

    • iya nih, soalnya aku lg bermasalah autopublish ke socmednya.. jd mesti manual dulu.. dan yang dapet notif cuma wordpress blogger yg udah follow deh heheheheeh..

  6. Aku pilih wordpress dong kakaaak… Yang pake wordpress rata2 sebelumnya udah pernah coba blogger, krn identiknya klo mw ngeblog ya pake blogger.. 😀

Mana jejaknya?