Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife

Manulife-Reksadana-Syariah-cover-2-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife

Assalamu’alaikum fellow readers!

Kira-kira teman-teman pada ngiler pengen ikutan dateng gak yaa kalau lihat foto “classmates” saya yang pada kinclong diatas? 😀

Eiiitttsss sayangnya eventnya ini sudah lewat. So let me tell you a bit more about this event. Supaya gak penasaran.

Jadi tuh yaa, minggu lalu saya diundang untuk menghadiri acara Sharia Talk bersama Reksadana Manulife. Event ini berlangsung di Kedai Kopi 89, Kemang. Acara non formal ini selain membawa agenda untuk ngobrol santai tentang reksadana syariah bersama praktisi keuangan syariah, pak Gunawan Yasni, tapi juga untuk sekalian bersilahturahim sambil iftar bareng.

Manulife-Reksadana-Syariah-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife Manulife-Reksadana-Syariah-2 Sharia Talk Bersama Reksa Dana ManulifeManulife-Reksadana-Syariah-6 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife

Acara dibuka oleh mas Ganesha selaku POSS manager dari Reksa Dana Manulife, serta dimoderatori oleh mas Harry Hakim. Pembahasan pertama pasti gak jauh-jauh dari perbedaan reksadana syariah dan konvensional. Jujur saya termasuk yang gak begitu paham masalah reksadana. Walau suami udah sering jelasin, tapi saya cuma iya-iya aja, hahahaa.. Alhamdulillah saya bisa datang ke event ini, dan bisa sedikit lebih paham dunia reksadana ini. Pak Gunawan menjelaskan beberapa hal, diantaranya:

Perbedaan reksadana syariah dan reksadana konvensional itu apa?

Reksadana syariah itu adalah instrumen investasi yang menjadi tempat mengumpulkan dana milik kita sebagai pemodal dan kemudian menanamkan modal tersebut pada berbagai instrumen di pasar modal dan pasar uang, yang sesuai dengan prinsip syariah.

Ternyata sudah ada kategori tersendiri lho untuk perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti misalnya tidak melakukan riba dan membungakan uang. Selain itu, karena prinsipnya syariah, strategi investasi yang dipakai tidak boleh menjurus ke arah spekulasi dan perjudian. Karena kan kita tahu sendiri yaaa kalau itu adalah HARAM.

Selain itu, reksadana syariah ini juga dikelola dengan cara yang halal serta diawasi oleh DPS / ASPM (Dewan Pengawas Syariah/ Ashil Syariah Pasar Modal). Serta ada proses cleansing.

Jadi sebagai orang islam kita tidak memakan keuntungan dari bisnis yang tidak halal, mudarat dan tidak juga memakan riba. Saham yang lulus seleksi syariah juga memiliki ketentuan maksimal tingkat hutang (45%). Ini menurunkan resiko default pada perusahaan tersebut dan juga meningkatkan kehati-hatian perusahaan dalam mengelola bisnis karena mayoritas modal yang di pakai adalah modal perusahaan (bukan pinjaman). Saham-saham yang lulus seleksi syariah juga diawasi oleh dua lembaga tambahan (selain Otoritas Jasa Keuangan/ OJK) yang menyebabkan pengawasan yang dilakukan akan lebih teliti dan terseleksi.

Manulife-Reksadana-Syariah-9 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife Manulife-Reksadana-Syariah-11 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife Manulife-Reksadana-Syariah-13 Sharia Talk Bersama Reksa Dana ManulifeManulife-Reksadana-Syariah-8 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife

Bagaimana caranya kalau mau investasi di reksadana syariah?

Sekarang mah udah gak perlu repot lagi untuk bisa mulai berinvestasi di reksadana syariah, klik aja www.klikMAMI.com. Web ini adalah solusi online Reksa Dana Manulife. Semua full online, jadi gak perlu repot untuk kirim-kirim dokumen atau tanda tangan ini itu yang bikin ribet. Cara registrasinya juga mudah banget. Tinggal isi data-data yang diminta, upload foto KTP, dan tunggu telepon verifikasi dari CS MAMI. After that kita bisa langsung mulai investasi. So simple!

Selain itu, apa lagi keuntungan berinvestasi di  www.klikMAMI.com ?

  • Kapan saja : nggak perlu lagi tunggu besok atau lusa untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan investasi Reksa Dana Manulife kita.
  • Di ujung jari : Sambil santai atau menyelesaikan tugas? Tak masalah. Akses klikMAMI selalu ada di ujung jari kita.
  • Aman & Rahasia : Setiap transaksi diamankan dengan password sekali pakai. Akun klikMAMI kita juga diamankan dengan password pilihan kita.
  • Layanan Investor : tersedia setiap hari, pukul 08:00 – 22:00.

Manulife-Reksadana-Syariah-7 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife Manulife-Reksadana-Syariah-12 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife Manulife-Reksadana-Syariah-15 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife

But… Why we have to invest in the first place?

Inflasi.

Hari gini semua mahal, belum lagi harga naik terus dari hari ke hari. Proses kenaikan harga ini berlangsung secara terus-menerus dan saling mempengaruhi, oleh karena itu kita butuh banget untuk investasi agar punya ban serep lumayan banyak untuk masa depan.

“Dan hendaklah takut kepada Allah, orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka, anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap kesejahteran mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” _ An-Nisa:9_

Sebagai umat Islam, kita itu harus hidup bermanfaat, dan makmur. Jangan sampai meninggalkan anak cucu dalam keadaan sengsara. Kalau kita masih bisa berusaha, dan masih diberi rezeki oleh Allah swt, sebaiknya kita juga sadar bahwa ada hak anak & cucu kita dan juga untuk sesama umat pada rezeki yang kita dapatkan itu.

Saya sangat percaya bahwa yang namanya rezeki sudah diatur Allah swt. Tugas kita lah untuk menjemput rezeki. Investasi menurut saya adalah salah satu cara untuk menjemput rezeki. IMHO. Selain investasi, sedekah juga sangat penting. Saya menganggap kalau sedekah itu merupakan tabungan kita kepada Allah swt, sedangkan investasi merupakan tabungan kita di dunia. Insya Allah kalau bagian nabung kepada Allah swt sudah aman, maka investasi kita di dunia juga lebih barokah dan lebih mudah dijemputnya.

Manulife-Reksadana-Syariah-18 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife Manulife-Reksadana-Syariah-16-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana ManulifeManulife-Reksadana-Syariah-35-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana ManulifeManulife-Reksadana-Syariah-37-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana ManulifeManulife-Reksadana-Syariah-47-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana ManulifeManulife-Reksadana-Syariah-32-1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife

Terima kasih untuk Reksa Dana Manulife yang sudah mengundang saya dan teman-teman dari Indonesian Hijab Blogger. We really had a great quality time at this event. Ilmu nambah dan silahturahim terjaga, what’s better than that? 🙂

Jadiii.. Tunggu apa lagi.. Sekarang aja mulai investasi di reksadana syariah. Insya Allah lebih aman dan barokah yaa, aamiin.

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Sharia Talk Bersama Reksa Dana Manulife269 unique page views

8 Comments

  1. Kalo udah ada yg syariah, trus mudah pula, ga ada lagi alasan ragu buat investasi reksadana yaaaa.. Ada akuuuh itu di foto2 cakepnya,nyahahaha.

  2. Cakep2 banget sih ituuu pesertanya.. Dari komunitas mana siiih *eaaa
    Iya kalo invest di instrumen syariah, hati lebih tenang yaaa..

    • itu lhooo IHB.. Indonesian Hijab Blogger yang petjah banget ketje nya hahahaa

    • iyaa betul karena investasi ranah ini kan rawan diharamkan yaa niaa

Mana jejaknya?