Sentuhan Penuh Harapan

johnsons-cover-3 Sentuhan Penuh Harapan

Assalamu’alaikum fellow readers!

Sentuhan lembut dari orang yang kita sayangi sangatlah berarti bagi kita.

Benar gak?

Gak usah jauh-jauh.. Kita aja deh sebagai para buibu, kalau jarang disentuh suami pasti jadi suka uring-uringan kan.. hahahaha.. Sampai-sampai ada istilah jarang dibelai. Sampai sebegitu berartinya lho sentuhan bagi manusia. Nah ini baru untuk orang dewasa lho, apalagi untuk anak? Apalagi untuk bayi yang baru lahir?

Pasti efeknya sangatlah besar bagi sang buah hati yang baru datang ke dunia yang asing ini, karena sentuhan juga merupakan komunikasi antara bayi dan Ibu yang penuh cinta.

Saya masih ingat banget ketika mas Kal dan dek Khairan pertama kali Inisiasi Menyusu Dini. Memang bukan IMD yang total sih, tapi tetap saja momen tersebut sangat melekat dihati saya.

Bayangkan saja, si buah hati yang selama 9 bulan lebih berada didalam kandungan kita tiba-tiba seperti sudah kenal dengan Ibu-nya dan tahu harus menuju kemana ketika IMD tersebut. Instingnya tahu bahwa si Ibu memiliki sumber makanan baginya, dan buah hati kita sudah “kenal” dengan si duo nen jauh sebelum dia bertemu dengan duo nen. I knew I love you before I met you lah kalau kata lagu jaman saya ABG dulu. Tinggal Ibu-nya saja yang mau menyambut tembakan dari buah hati dengan memberikan ASIX atau tidak, itu balik ke pilihan masing-masing.

…Cinta butuh pengorbanan…

Itu yang saya rasakan ketika pertama kali memberikan ASI kepada mas Kal. Rasanya penuh pengorbanan banget karena memberikan ASI untuk anak pertama itu tidak mudah. Segala rupa ketakutan, dan rasa sakit harus dihadapi. Padahal belum juga si Ibu pulih dari sakitnya melahirkan, tapi harus kembali berjuang untuk memberikan ASI. Ditambah dulu mas Kal Bilirubinnya tinggi, jadi harus disinar. Huaah.. tambah sutris rasanya melihat anak semata wayang yang jadi turun berat badannya dan terlihat “kering” banget. Ditambah omongan kiri-kanan yang semakin menjatuhkan mental saya untuk mengASIhi.. Untungnya saya cukup keras kepala memperjuangkan agar bisa memberikan ASIX, sehingga mas Kal sukses ASIX 6 bulan, dan berlanjut sampai disapih alami saat berumur 20 bulan.

Kalau pas dek Khairan semuanya terbilang mudah dan lancar. Mungkin karena saya sudah berpengalaman, jadi lebih santai dan pede untuk kasih ASIX. Fase Neonatal terbilang mudah kami lewati bersama.

Fase Neonatal, yaitu 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis, sehingga tubuhnya sangat rentan. Apalagi ternyata angka kematian bayi di Indonesia pada masa neonatal ini masih tinggi lho.

Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya dan di Indonesia sendiri ada ribuan kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

Sepsis itu apaaa?

Duh saya pas googling jadi ngeri sendiri lho. Ternyata Sepsis pada bayi yang baru lahir itu serem banget. Sepsis neonatrum sendiri adalah kondisi infeksi berat pada bayi yang baru lahir yang umumnya disebabkan oleh bakteri. Pokoknya kondisinya sangat menyedihkan banget, silahkan googling sendiri yaaa..

Ketika dek Khairan masih di rumah sakit, saya sempat diajari cara memijat bayi oleh perawat disana. Sewaktu mas Kal bayi dulu saya juga sudah pernah belajar cara memijat bayi ini, tapi sudah agak lupa karena jarak antara mas Kal dan dek Khairan yang cukup jauh, yaitu 5 tahun. Untungnya saya diajarin lagi sama perawat, jadi sewaktu boleh pulang ke rumah, saya cukup rajin untuk memijat dek Khairan dengan baby oil. Pokoknya penting banget untuk merawat kulit bayi, khususnya pada masa newborn untuk mengurangi angka kematian bayi di Indonesia.

Nah si dek Khairan ini tuh suka banget kalau dipijat. Tahunya suka darimana? Yaa kalau dipijat dia anteng aja gituu, sepertinya lagi menikmati banget sentuhan dari Ibu-nya. 🙂

johnsons-63 Sentuhan Penuh Harapan johnsons-65 Sentuhan Penuh Harapan

Untuk tahu teknik memijat bayi yang lengkap, bisa cek ke web Johnson’s Baby ini yaa..

Selain saat dipijat, dek Khairan juga senang banget mandi! Hahaha.. Dia tuh bisa yang anteng banget begitu nyemplung di bak mandi, dan malah mewek ketika diangkat. Momen dedek mandi juga menjadi quality time untuk kami sekeluarga. Bapake dan mas Kal suka banget main siram-siram air ke badan dek Khairan, dedeknya pun kayaknya doyan disiram.. hahahaa..

Saya sengaja pakai Johnson’s Top-to-Toe Baby Wash karena praktis banget untuk dek Khairan. Wanginya juga lembut dan enak.

johnsons-6 Sentuhan Penuh Harapanjohnsons-11 Sentuhan Penuh Harapanjohnsons-14 Sentuhan Penuh Harapanjohnsons-18 Sentuhan Penuh Harapanjohnsons-17 Sentuhan Penuh Harapanjohnsons-19 Sentuhan Penuh Harapan

Aktivitas memandikan bayi juga merupakan salah satu momen yang pas banget untuk meningkatkan bonding antara Ibu dan Bayi. Ketika saya memandikan dek Khairan, pasti matanya sering melihat ke arah saya. Walaupun bayi belum bisa berbicara, tapi kita yang dewasa pasti berasa deh kalau tatapannya itu penuh cinta.

Nih saya kasih sedikit rahasia tentang sentuhan Ibu yaaa..

tips-1024x1024 Sentuhan Penuh HarapanDSCF8188-1024x1024 Sentuhan Penuh Harapan

Oiya, FYI, selama bulan Juni dan Juli 2017, Johnson’s Baby juga mengajak kita, para Ibu, untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara:

  • Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui media sosial
  • Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana Johnson’s Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpartisipasi,yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk Johnson’s Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, Johnson’s Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.

Yuk ikutan, masih ada beberapa hari lagi nih untuk bisa berdonasi. Langsung meluncur ke Alfamart terdekat yaaa..

2017-07-25-1 Sentuhan Penuh Harapan

Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu:

@johnsonsbaby_id (Instagram)

@JohnsonsBaby_ID (Twitter)

https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook).

Semoga tulisan ini bermanfaat yaaa..

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Sentuhan Penuh Harapan111 unique page views

14 Comments

  1. Hahaha … bener juga, sih. Istri aja bisa uring-uringan bila tanpa sentuhan. Makanya sentuhan juga pengaruh banget buat bonding antara anak dan orang tua, ya 🙂

  2. Ga berani gugling yang gituan Bundo T^T, karna belom ngerti ttg yg jarang dibelai tadi, kita orang gede mah selalu seneng dipijet, ya kan? Gitu juga kali ya pada bayi yang mungkin lebih pegal lagi melihat dunia baru yang hiruk pikuk :p

    • hahaha jarang dibelai jg bisa diartiin dibelai orangtua, atau orang yang kita sayangi kaan.. kalo di kehidupan RT biasanya kalau istri jarang dibelaai suka gampang mutung hahahha

  3. Waaah baru tahu bahwa sentuhan Ibu sebegitu pentingnya untuk kesehatan bayi ya Ola..
    Thank you for sharing! Lucunyaaa dedekk nyaaa :*

  4. Pijat bayi bisa bonding tambah kuat & berdonasi pake Johnson baby.. Keren banget ini mah, aku pun suka wanginya, wangi khas bayi bikin pengen nyiumin anak terus 😀

  5. uuuw gemes banget dede khaiiii~~
    wah ntar aku bilangin temenku deh yg punya baby buat pake johnson~~
    btw paragraf bagian atas horror yah bundooo

  6. waaahh dedek kai asoy bener mandi pake Jhonson. Hahah ekspresinya itu lho!
    Kelebihan Jhonson ada di mana aja. apalagi ada top to toe wash. shampo sabun jadi satu ajalah. gak banyak botol. ringkes :)))

  7. sedih deh pas tau fakta nya segitu banyak bayi yg meninggal di usia kurang dari 28 hari 🙁
    saya juga pakai produknya johnson baby untuk mandi plus pijatt.. wanginya enaakk

    • iyaa ternyata masih tinggi angka kematian bayi di Indonesia.. 🙁
      betul wanginya enak yaa khas bayi banget, gak berlebihan 🙂

Mana jejaknya?