Resep Ayam Bakar Madu

Assalamu’alaikum fellow readers!

Long weekend kemarin kami sekeluarga tidak pergi kemana-mana karena kondisi Kal yang lagi batuk pilek. Terus ngapain donk di rumah? Saya akhirnya mencoba untuk masak Ayam Bakar Madu. Resepnya bukan racikan atau kreativitas saya sendiri siiih. Saya mah jarang banget masak, apalagi mau kreasi resep sendiri, bisa-bisa Kucing aja ogah makan masakan sayaaa, hiks..

Sekedar info, saya tuh hobi banget ngumpulin buku resep. Harapannya sih one day saya tergerak untuk nyobain resep-resepnya. Tapi emang dasar gak doyan masak, jadi ya tetep aja mager alias males gerak. Hahaha..

Salah satu seri buku resep yang saya kumpulkan adalah Seri Masak Femina: Primarasa. Buku seri ini menyajikan berbagai macam tema masakan, mulai hidangan pembuka, sampai penutup, dari cemilan sampai minuman, semua lengkap. Selain lengkap, yang paling saya suka adalah petunjuknya jelas dan cara membuat masakannya relatif mudah. Jadi cucok deh buat saya. 😀

Nah, sekarang saya mau share salah satu resep yang ada di buku ini:

b-IMG_2390 Resep Ayam Bakar Madu

::Seri Masak Femina: Primarasa Kreasi Dapur Anda – BBQ Party::

Ayam Bakar Madu

Bahan:

1 ekor (600-700 g) ayam

1 sdm air jeruk lemon

2,5 sdm saus tomat

5 siung bawang putih, haluskan

5 sdm madu

2 sdt merica bubuk

1,5 sdt garam

3 sdm margarin leleh

b-IMG_2389 Resep Ayam Bakar Madu

Cara memasak:

  • Kalau di bukunya, si ayam adalah yang model utuh, kemudian dibelah dan dibikin model bekakak (terbuka). Setelah dibelah, tusuk-tusuk ayam pakai garpu supaya nanti bumbunya meresap.

 

  • Berhubung ayam yang saya pakai adalah ayam yang sudah dipotong dan dimasukkan ke freezer, maka si ayam beku ini saya rebus dulu sampai setengah matang.

 

  • Campur air jeruk lemon, saus tomat, bawang putih halus, madu, merica, garam, dan margarin leleh didalam mangkuk, aduk rata.

 

  • Lumuri cairan bumbu pada badan ayam hingga rata. Terus taruh di dalam wadah, lalu tutup dengan plastik lengket (cling wrap). Simpan di dalam lemari es semalaman. In my case sih cuma saya ungkep 3 jam aja. Soalnya keburu makan siang, hehehe.

 

  • Yaudah deh ayam yang sudah dibumbui dan diungkep tadi bisa langsung dibakar di atas bara api, sambil dibalik-balik dan diolesin bumbu sampai matang merata. nah yang versi saya, berhubung tadi ayamnya udah direbus setengah matang, dan saya gak punya panggangan bara api, maka saya menggunakan korean grill pan aja.

b-IMG_2251 Resep Ayam Bakar Madu

Emang sih paling enak bakarnya diatas bara api yaa. Tapi yaudah lah, begini aja keluarga saya udah suka kok, hahahaa.. 😀

Voila! This is it! Ayam Bakar Madu ala Bundo hasil nyontek buku resep..

b-IMG_2260 Resep Ayam Bakar Madu

Terlihat menggugah selera bukaaan? Yaiyalaah fotonya udah gue edit. 😀

Selamat mencoba yaa. Jangan khawatir gak enak, karena saya ingetin sekali lagi, ini nyontek buku resep, bukan karangan saya belaka.. hahahaha..

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Resep Ayam Bakar Madu315 unique page views

5 Comments

  1. salam kenal mbak Ola 🙂 looks very very yummy deh mbak. next time aku cobain ah 😀 btw klo aku biasanya cari resep di website s*jiansedap. beli buku Primarasa pernah, jaman dulu. Saking udah jaman-dulu-nya sampe nggak tau itu buku ada dimana 😆

    • Salam kenal mba.. Iyaa aku lebih hobi ngumpulin buku krn menurut sugestiku, yg di buku pasti ydh teruji dan pasti enak, hahaha

Mana jejaknya?