Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

SOS-Antibacterial-cover Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

Assalamu’alaikum fellow readers!

Memasuki kehamilan trimester 3 tentunya semakin banyak keluhan-keluhan yang dialami seorang ibu hamil, termasuk saya. Mulai dari sakit pinggang, punggung, urat paha ketarik lah, kaki keram lah, mual, heartburn, dll. semua tumpah jadi satu, huhuhu..

Memasuki minggu ke-37, saya sudah membatasi kegiatan saya diluar rumah. Biasanya mah centil banget kesana-kemari sekalian silahturahim dan banyakin jalan kaki, hehehe… Tapi sekarang rasanya udah gampang capek dan engeup banget kalau pergi-pergi, alhasil saya lebih banyak beristirahat di rumah sambil stretching sedikit-sedikit melalui prenatal yoga yang gampang-gampang aja, alias yang basic.

Banyak banget kegiatan yang saya lakukan di rumah, dan semua hampir berhubungan dengan lantai. Gak pernah khawatir karena yakin lantai rumah saya bersih dari kuman. Jadi bisa tenang dan relax saat beraktivitas di lantai. Apalagi wangi lantai kami seger banget, bikin makin semangat beraktivitas di lantai. Hihi. Salah satu kegiatan yang biasa saya lakukan di lantai adalah prenatal yoga.

Prenatal Yoga adalah program yoga khusus untuk kehamilan dengan teknik dan intensitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Prenatal yoga ini dimaksudkan untuk membantu para ibu hamil dalam mempersiapkan tubuh agar lebih siap menjelang proses kelahiran, meningkatkan fleksibilitas serta meningkatkan keseimbangan.

Saya juga cuma sekali mengikuti kelas prenatal yoga di Bamed Women’s Clinic, tapi setelah itu rasanya mager banget coooyy hahaha.. Alhasil saya seringnya ngikutin video-video Prenatal Yoga yang ada di Youtube aja di rumah, sambil main sama mas Kal. 😀

SOS-Antibacterial-15 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

Manfaat saya melakukan prenatal yoga ini antara lain adalah terhindar dari sakit-sakit dan kram pada anggota tubuh. Kehamilan kali ini saya lebih jarang mengalami yang namanya urat paha ketarik yang sakit banget itu, dibandingkan kehamilan pertama dulu yang cukup sering. Selain itu juga saya bisa jadi lebih rileks karena sekalian belajar mengatur napas untuk modal menghadapi kontraksi persalinan nanti.

Ketika saya melakukan yoga, tentunya harus sering-sering menghirup napas dalam-dalam dan lambat agar tubuh dan pikiran menjadi rileks, untungnya si mbak di rumah selalu ngepel pakai S.O.S Anti Bacterial yang memberikan sensasi keharuman yang segar dan tahan lama. Selain harum, juga ampuh membunuh 99% kuman lho dan sudah teruji klinis.

Ruang TV adalah tempat dimana mas Kal dan saya banyak beraktivitas di lantai. Maklum rumahnya pun minimalis, jadi ya disitu-situ aja sih kegiatan sehari-hari kita, hahaha.. Kita juga jarang gelar karpet kecuali kalau lagi ada tamu aja, soalnya kalau duduk di lantai itu lebih adem dan dingin, hehehe.. Nah diruang TV ini, biasanya banyak bersarang bakteri Staphylococcus Aureus yang suka nempel pada permukaan lantai dan furnitur yang kotor dan berdebu. Bakteri ini bisa menyebabkan bisul pada kulit, mastitis pada payudara dan juga gangguan pencernaan. Duh serem juga yaa..

Oiya, varian S.O.S Anti Bacterial itu ada lima, yaitu wangi buah Apel, Lemon, Orange, wangi Bunga, dan Pohon Cemara. Kal sendiri paling suka wangi Orange yang bikin segar. Produk ini juga gampang banget dicari di supermarket, Alfamart, dan bisa dibeli online juga di Lazada atau Blibli.

SOS-Antibacterial-19 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3SOS-Antibacterial-1 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3SOS-Antibacterial-14 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3 ♦♦

Oke balik lagi ke prenatal yoga yang biasa saya praktekan di rumah.. Ini dia beberapa pose sederhana tersebut:

:: Easy Pose (Sukhasana) ::

Pose ini sebenarnya posisi duduk bersila dengan posisi paha menempel pada yoga mat. Tapi ternyata ada manfaatnya lho posisi begini, yaitu untuk hip opening. Yaitu untuk membantu melatih panggul agar lebih lentur dan kuat dalam mempersiapkan kelahiran normal. Ketika melakukan pose ini, otot panggul lebih terbuka, tulang punggung memanjang, area dada juga lebih plong, sambil relaksasi dengan latihan pernapasan.

SOS-Antibacterial-2 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Butterfly Pose (Baddha Konasana) ::

Ini posisi yang hampir mirip dengan easy pose, tapi bedanya kedua telapak kaki diusahakan untuk bertemu. Posisi ini juga berguna untuk membuka area panggul dan paha dalam dan mengarahkan si baby untuk turun ke jalan lahir. Pose ini emang sedikit lebih susah, terutama buat saya yang emang kaku banget by default, hiks. Jangan lupa untuk sambil melatih pernapasan yaaa.. Deep inhales and exhales biar makin rileks.

SOS-Antibacterial-4 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Child Pose (Balasana) ::

Ini posisi yang paling enakeun buat saya. Mirip-mirip kalau lagi sujud tapi kalau ini bikin badan lebih ketarik karena posisi tangan yang diluruskan memberikan efek stretching yang enak dan menenangkan. Fungsinya juga sama, untuk membuka area panggul dan meregangkan tulang selangkang.

SOS-Antibacterial-8 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Easy Twist Pose (Parivrtta Sukhasana) ::

Bagi bumil yang sering mengalami sakit leher, pinggang, punggung, pose sederhana ini bisa membantu mengurangi keluhan-keluhan tersebut lho. Sangat gampang dipraktekan dimana aja. Ai lyke..

SOS-Antibacterial-5 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Chair Pose (Uttkatasana) ::

Posisi ini yang cepet banget bikin paha pegel buibuuuu.. Saya gak bisa bertahan lama-lama dengan posisi ini, hehehe. Tapi berhubung manfaatnya juga bagus, jadi tetap harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing. Santai aja jangan dipaksakan ya buibuu.. Semampunya saja. Jangan lupa untuk tetap bernapas dengan pelan dan teratur.

SOS-Antibacterial-9 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Cat & Dog Table Pose (Bharmanasana) ::

Posisi ini juga membantu mengurangi keluhan diseputar punggung, pinggang dan leher. Tarik napas pada saat posisi dog (mendongak keatas), dan hembuskan ketika pada saat posisi cat (melengkungkan badan).

SOS-Antibacterial-7 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3SOS-Antibacterial-6 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Cresent Lunge (Anjeneyasana) ::

Posisi ini bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Kalau bisa lebih rendah lagi sih lebih baik, tapi saya mampunya cuma segini, hahaha.. Posisi ini dapat mengarahkan bayi untuk turun ke jalan lahir, kalau bayinya belum muter juga bisa dirangsang agar dia berotasi. Posisi ini juga dan membantu pembukaan bila dilakukan saat kontraksi terjadi.

SOS-Antibacterial-11 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

:: Mountain Pose (Tadasana) ::

Pose ini paling sederhana. Saya berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar pinggang dengan posisi jempol kaki menghadap kedepan. Selanjutnya langsung latihan pernapasan deh..

SOS-Antibacterial-13 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3

Itulah beberapa pose prenatal yoga yang saya sering lakukan. Semoga bermanfaat yaa!

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Prenatal Yoga Untuk Kehamilan Trimester 3155 unique page views

4 Comments

Mana jejaknya?