Pasang Behel Ceramic di OMDC

Assalamu’alaikum fellow readers!

Hari Rabu lalu saya berkunjung ke sebuah klinik gigi di daerah Warung Buncit, Pejaten. Nama klinik tersebut adalah Oktri Manessa Dental Clinic (OMDC) tepatnya. Dental Clinic yang satu ini lagi ngehits banget di social media karena konsep kliniknya yang kreatif dan harganya yang lebih bersahabat dibanding klinik gigi lainnya.

Saya baru ngeh dengan klinik ini saat sahabat saya Amam Suci Utami ngepost fotonya abis perawatan gigi di OMDC dan doi puas banget dengan servis dan interior klinik yang lebih mirip salon ketimbang klinik gigi ini. Setelah nanya-nanya lebih detail sama Amam, ternyata dia berencana untuk pasang behel disana. Kebetulan banget saya pun sudah lama berencana pakai behel, tapi selalu mundur karena pernah konsultasi dan katanya gigi saya harus dicabut kalau mau pakai behel. Aduuh ngilu duluan rasanyaaa.

OMDC-3 Pasang Behel Ceramic di OMDC

Masa Lalu: Parno Sama Dokter Gigi

Sedikit curcol nih, saya tuh gak pernah pergi ke dokter gigi. Pas masih kecil selalu cabut gigi susu sendiri atau skenario yang paling skeri adalah… dicabut bokap. hahahaha. Jadi tuh yaa, setiap ada gigi yang goyang, saya selalu bilang ke orangtua. Nah kalau kelamaan belum copot, mereka akan bilang “yaudah nanti ke ke dokter gigi aja biar dokter yang cabutin..” Meeeeeh, dengar kalimat ini rasanya udah horor banget. Langsung deh saya usaha untuk nyabutt giginya sendiri ahahaha..

Saya dulu juga gak pede banget dengan kondisi gigi saya yang berjarak, alias spacing teeth ini. Sampai beranjak remaja dan lihat Madonna dan Bryan Adams aja waktu itu juga jarang kok 2 gigi bagian atas depannya, hahaha. no reason to be unconfident then.. Tapi dalam hati masih pengen banget benerin kondisi gigi ini, suatu saat nanti.. Kalau saya berani ke dokter gigi. hahaha..

Singkat cerita, beberapa bulan lalu saya sempat ke dokter gigi karena gak tahan dengan gusi bengkak di daerah geraham bungsu yang baru numbuh. Udah ngeri dan pasrah kalau harus dicabut deh. Eh ternyata kondisinya baik, tapi karena gusinya terbuka untuk tempat gigi geraham, maka makanan bisa nyelip diantara gusi dan gigi yang bisa berakibat infeksi kalau tidak segera ditangani. Untungnya saya segera ke dokter gigi dan diberikan obat penghilang rasa sakit, pengarahan bagaimana cara merawat gigi geraham bungsu tersebut agar kejadian gusi bengkak tidak terulang kembali.

Saat saya tanya tentang kondisi gigi saya secara keseluruhan, dokter itu bilang kalau kondisi gigi saya cukup baik, tidak ada gigi bolong, karang gigi juga sedikit sekali. Alhamdulillah, gak sia-sia strict dari kecil dalam urusan sikat gigi dan sejak SMA juga rutin pakai dental floss. Saya berterima kasih banget orangtua saya dulu gak bosen-bosen nyuruh saya sikat gigi dan beliin sikat dan pasta gigi lucu untuk anak-anak agar saya semangat menyikat gigi. Selain parno ketemu dokter gigi tentunya.. 😀

OMDC-5 Pasang Behel Ceramic di OMDC

Behel Memperbaiki Profil Wajah

Awalnya saya ke OMDC cuma untuk konsul terlebih dahulu sebelum memutuskan. Salah satu alasannya tentu saja bagian harus cabut giginya itu loooh. Hahaha. Ternyata setelah konsul dengan dokter ortho di OMDC, gigi saya tidak perlu dicabut karena masalahnya adalah spacing bukannya crowding teeth. Jadi behel bisa langsung dipasang tanpa tindakan pencabutan. Horaaaaayy..

Saya juga sudah banyak survei tentang konsekuensi memakai behel, gimana sakitnya diawal, dan jangka waktu yang harus ditempuh agar kondisi susunan gigi sesuai dengan yang saya inginkan. Agak horor sih.. Tapi ya udah deh daripada gak jadi terus, lebih baik langsung pasang aja.

Selain memperbaiki susunan gigi, behel dapat memperbaiki profil wajah dan cara mengunyah. Intinya jadi lebih baik daripada sebelumnya. Tapi ingat yaa pasang behel harus di dokter ortho, bukan dokter gigi biasa.. So, bismillah!

Proses Pemasangan Ceramic Behel

Saya memilih ceramic braces yang dulu dipopulerkan oleh Tom Cruise *ihik*.. Behel keramik ini warnanya seperti gigi kita, jadi behelnya tidak akan terlalu kelihatan. Beda dengan behel metal yang terbuat dari stainless steel yang terlihat banget di gigi kita.

Sebelum behel dipasang, gigi saya di scaling terlebih dahulu. Bu dokter bilang karang giginya sedikit sekali, untuk ukuran yang tidak pernah ke dokter gigi. Akhirnya malah saya dikasih free of charge untuk scaling-nya.. 😆

Setelah scaling, gigi saya dicetak dengan adonan berwarna pink dengan rasa mint. Sampai ke adonan untuk nyetak giginya saja warnanya pink loh! Hahahaha.. Prosesnya ternyata tidak memakan waktu lama, kurang lebih 1.5 jam saja dan voila, ceramic braces sudah terpasang di gigi saya. Kemarin saya langsung dipasangkan bagian atas dan bawah gigi, namun belum diaktifkan karena belum dipasang yang bagian gerahamnya. Saya disuruh beradaptasi dulu 1-2 minggu ini dengan si behel. Untuk karetnya, saya pilih warna yang transparan saja biar gak kelihatan dan mencolok. Maklum, newbie belum berani pakai karet warna-warni.. 😀

Selama kurang lebih 1 minggu berbehel, saya ngerasa ngilu banget di hari H+1. Saya gak bisa makan apa-apa selain bubur. Alhamdulillah di hari H+2 sudah tidak begitu ngilu, dan sekarang sudah makin menyesuaikan diri dengan keadaan gigi yang rada monyong ini. hahahaha.  Kalau sekarang mah kalau makan sih udah gak peduli lagi deh, tetep gragasssss… aaahh nothing can’t stop me from eating, apparently!

Selain itu juga saya tidak mengalami hujan sariawan, alhamdulillah banget! Justru bukan sariawan yang jadi halangan, tapi malah bibirnya yang jadi kering banget euy sejak pakai behel. Harus diolesin madu nih tiap hari biar tetep lembab. 🙂

Panduan Harga Behel di OMDC:

Metal Braces = Rp 3.000.000

Ceramic Braces = Rp 5.000.000

Sapphire Braces = Rp 7.000.000

OMDC-6 Pasang Behel Ceramic di OMDC

gimana? keliatan pakai behel gak?

OMDC-7 Pasang Behel Ceramic di OMDC

Ada photo booth nya loh di klinik ini.. hahaha kece!

OMDC-8 Pasang Behel Ceramic di OMDC

with Amam

OMDC-10 Pasang Behel Ceramic di OMDC

kompak pakai ceramic braces

OMDC-4 Pasang Behel Ceramic di OMDC

 

OMDC-9 Pasang Behel Ceramic di OMDC

OMDC-2 Pasang Behel Ceramic di OMDC

Thank you OMDC for the warm hospitality and great service!

Oktri Manessa Dental Clinic (OMDC)

Jl. Buncit Raya No. 6, Jakarta Selatan

More info please contact 0856-722-55-92

Instagram @drg_oktrimanessa

*****

Wasalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

62 Comments

  1. hai kak ola , mau tanya nih . kak olla waktu datang pertama kali ke omdc reserv terlebih dahulu atau langsung datang ?

  2. Halo Ola, Kamu masih perawatan behel kah? Kalo masih, boleh tanya harga2 terupdate untuk.behelnya? Thanks

  3. Hai kak, boleh tau gak nama dktr sp.ortho yang masang waktu itu siapa? soalnya di omdc kan banyak dokternya tuh.. thanks ya sblmnya.

  4. hai kak ola. aku punya gigi yang kurang rapih banget 🙁 aku pengen ngerapihin gigi aku. rencananya mau pasang yang ceramic braces. sekarang kan harganya 6,7 jt kak. kalo di omdc bisa ada cicilan gak sih kak?
    makasi sebelumnya kak/ 🙂

    • Iya ceramic. Awalnya memang gak keliatan beda. Tapi lama2 kan harus ganti kawat yg lebih tebal, disitu baru deh keliatan bedanya. Kalau sapphire kawatnya jg transparan. Kalau ceramic kawat biasa

  5. Hi mbak mau tanya kalau boleh tahu dokter gigi yang menangani pemasangan kawat gigi di OMDC itu spesialis ortho atau drg biasa?

  6. Hai Ka Ola, salam kenal ????
    Gigi bagian kanan atas aku berjarak dan niat pasang behel, bisa gak ya kalo pasang behel untuk bagian atas saja??
    Ada efeknya gak untuk gigi bawah kalo cuma pasang bagian atas saja??
    Terima kasih Ka ????

    • hai hai.. Aku kurang paham kalau sperti itu. Tp kalau di kasusku, aku harus pakai atas bawah walau yg renggang cuma yg atas aja supaya nnti susunan giginya bisa disesuaikan. Biasanya kalau renggang kan harus dirapetin, jd space rahang akan merapat, dan berpengaruh jg ke rahang bawah. Cb konsul ke ortho ya utk lebih detail 🙂

      • Hallo kak. Aku jg ada masalah nih sama Gigi. Mau pasang Di omdc cm aku takut. Mau tanya” lsg sm kak nya personal chat gt boleh? Kl boleh kk bs SMS aku ke 081318551411 / send id line kk ke aku buat aku add hehe aku perlu banget info dr kk nya berhubung kk pasien Sana. Thank you buat waktunya kak info Dari kk akan sangat membantu aku. ^^

    • pas abis dikencengin kawatnya. buat ngunyah aja sulit karena ngilu 😀

    • Ya emang fungsinya behel untuk ngerapihin gigi kaaan.. Hehehehe.. Bisaa donk, cb konsul saja dulu dengan orthodontist nya yaa

  7. Mba mau nanya nih,kalau gigi ginsul sebaiknya pakai behel cramic atai metalic yh mba?

    • Dua2nya bisa kok mbaa.. Ini beda dari segi estetis aja. Kalau ceramics lebih gak keliatan kan soalnya

  8. [RALAT… sorry dopost]
    Assalamu’alaikum mba… salam kenal mba ola… saya mau tanya,, apakah pemasangan behel di omdc ditangani sp.ortho ? krn saya liat tidak dijabarkan gelarnya, jd membuat sy penasaran, sdngkan tuk pasang behel hrs di spesialis.. klo sy b’tanya langsung ke PDA nya, tdk d jawab2.. blh tau nm dokter yg menangani mba?
    Thx b4 ya Mba..

  9. Assalamu’alaikum mba… salam kenal mba ola…
    saya mau tanya,, apakah pemasangan behel di omdc ditangani sp.ortho ? krn saya liat dijabarkan gelarnya, jd membuat sy penasaran, sdngkan tuk pasang behel hrs di spesialis.. klo sy b’tanya langsung ke PDA nya, tdk d jawab2.. blh tau nm dokter yg menangani mba?
    Thx b4 ya Mba..

  10. hallo mba ola,

    salam kenal, saya dita. Ingin tanya apa sekarang behel nya telah aktif? kebetulan beberapa hari yg lalu juga baru pasang behel di omdc. kalo mba ola sendiri jarak dari pasang ke aktifin behelnya berapa lama? jd kalo baru hari pertama pasang itumemang gak lsg lengkap gitu ya?

    Terimakasih.

    • Hai mba Dita. Belum aktif nih mba, rencananya hari Rabu ini kontrol dan sekalian diaktifkan. Berarti sekitar 3 mingguan blm aktif..

  11. Moga efek sampingnya bikin tambah kurus ya maaak.. Itu foto yang meringis pake alat ngelebarin mulut cakep banget dah… Ga dijadiin profile picture? *ehhhh

    • Aamiin hahaha.. Begitulah saya, pose kayak gitu aja dibilang cakep.. *kibajilbab 😆

  12. ga keliatan ya mak, usia berapa sih boleh pake behel? anakku masih 7 taun, pengen nanti dia pake biar ganteng dan giginya rapi. keliatan dr kecil giginya ga rapi ky emaknya

    • kalau sudah gigi dewasa rasanya sudah boleh pake behel deh mba Kania.. yang penting bukan gigi susu.. tapi coba aja konsul dulu sm dokter gigi.. kalo aku mah awam gak begitu paham hehehe

    • mingkem susaah yaaa dek put.. hahahaha.. boleeeh kita foto se gank behel yaak hahahaa

  13. Aaaak kebetulan bangeeeet. Aku jug pengin banget pake behel, karena gigiku berantakan parah. 😀 😀 Eh btw, itu kok murah ya behel2nya? Perasaan pernah tau harga behel itu kisaran 9-15 juta. Huhuhuhu. Malah ada yang sampe 20+ juta. -_____-
    Aaaak jadi pengin nyoba beneran, deh, secepatnya. Trimikisi ya Mak udah share. :)))

    • Iyaaa jadi disana konsepnya memang beda mba, harganya lbh murah, tp kualitas dan servis lebih baik. Mereka mengutamakan jumlah pasien yg banyak drpd untung selangit tp pasiennya sedikit 😀

      • Btw, nih. Itu makannya bisa apa aja, kan? Nyangkut-nyangkut, nggak, sih? Terus sikat giginya gimana? Duuuh kepengen banget pake behel tapi kok ya takut sakit & ribet perawatannya >____<

        Oh ya, kalau mau dateng, kudu reservasi dulu, nggak? Trimikisiii :)))

        • Kalau yg terlalu keras gak bisa mbaa.. Agak ngilu jadinya.. Kayak makan krupuk aku belum bisa hahaha.. Nanti diajarin semua kok cara merawatnya. Nanti jg dapet orthodontic kit kyk sikat gigi,dll..

          Demi susunan gigi yg lebih ok mah gakpapa pakai behel 1-2 thn.. Hehehe..

          Iya harus reservasi dulu mbaa

          • Mbak, baru berkunjung lagi nih. Gimana sekarang behelnya? Udah hampir sebulan kan ya.. Udah bisa makan apa aja sekarang? Maaf nih banyak tanya, pengin tau hasilnya.
            Trimikisi. 😀

            • Hi mba, behelnya aman sentosa hehe. Baru diaktifin 2 minggu lalu.. 3 hari pertama ga bisa makan apa2 selain bubur.. Smp skrg ga bisa makan yg keras2 dan langsung gigit gitu, jd harus dipotong kecil2 utk sesuap. Hehehe.. Kerupuk dan teman2nya juga gak bisa makan

              • Wah, cepet banget balesannya. Okey, trimikisi yaa. Mantep deh reservasi di OMDC, nih. Thank’s sharing-nya, Mbak. 🙂

                Btw, Mbak FB-nya udah penuh, ya? Aku nggak bisa nge-add nih barusan. >__<

                • Iyaa aku pake aplikasi wp di hape jd ada notif kalo ada yg komen hehehe.. Iyaa ga tau kenapa ga bs di add lg itu fb nyaa

  14. Metal braces sekarang 3juta ya?yg biasa itu kan, bukan kawat?
    Waaaks, aku pengen dibehel tapi atuut atiiit >.< dan sekarang si cemplu susah disuruh gosok gigi, help, Bun…any tips Kal biasanya gmn?
    Tapi keren banget tu karang giginya dikit hahaha

    • Iyaa yg metal braces biasa ituu yg karet warna warnii.. Kalo dulu mahal banget kan yaa.. Krn udh ada pengganti yg lbh bagus kyknya.

      Iyaa aku jg tatut atiiit, tp gpp lah itung2 sekalian diet hahaha.

      Dulu Kal sempet males gosok gigi. Tp diajarinnya dgn sama2 gosok gigi bareng2 bundo bapake n kal di kmr mandi smbl nyanyi2 n dibawa fun.. Akhirnya skrg malah ngigetin kalo blm gosok gigi.. Hehehe

      • Berarti harganya turun ya…
        Jadi Kal gosok sendiri, gak digosokin? Cemplu mah liatin kita gosok gigi seneng, tapi giliran dia geleng-geleng 😀 haha

        • Iya gosok sendiri.. Tp untuk yg dalem2 masih digosokin. Dan odolnya masih ditelen hahaha

Mana jejaknya?