Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Cover-Neocate-Advanced-7 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Semenjak sah menjadi seorang emak, mau tidak mau saya harus bisa menjadi seorang emak yang siaga dan mencari tahu banyak tentang ilmu seputar tumbuh kembang dan juga parenting anak. Karena yang namanya ngurusin anak itu harus berhasil, gak boleh gagal karena taruhannya yaa hidup anak kita sendiri.. Ngeri-ngeri sedap yaa sebenarnya mengingat begitu besarnya amanah yang diberikan Allah swt kepada kita, para ibu, dan orangtua.

Berbicara tentang tumbuh kembang anak, ada satu hal penting (di antara beribu hal) yang harus kita perhatikan nih buibuuk.. yaitu tentang masalah pencernaan anak. Kalau para buibuk lagi ngumpul, pasti deh yang namanya ngomongin pertumbuhan anak jadi salah satu bahasan wajib, soalnya dengan sharing antar sesama ibu-ibu lah kita jadi bisa saling ukur, apakah anak kita sudah sesuai milestone dengan teman-teman sebayanya atau malah ketinggalan.

Neocate-Advanced-1 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa? Neocate-Advanced-3 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa? Neocate-Advanced-2 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Pas lagi ngobrol gitu, saya tertarik sama cerita satu teman saya yang cerita kalau anaknya itu menderita alergi pada susu sapi dan turunannya. Kebetulan teman saya ini memang baru dikaruniai anak kedua, dan ternyata setelah diamati dan dikonsulkan ke dokter, ternyata sang anak memang alergi terhadap susu sapi.

Sebenarnya sebagai seorang ibu, sudah ngeh belum sih tentang alergi terhadap susu sapi ini?

Apalagi kalau ternyata ini dialami oleh si Kecil yang belum lancar ngomong ya kaan, bisanya hanya menangis kalau ada yang tidak nyaman di tubuhnya. Disini saya mau share sedikit yaa tentang tanda-tanda anak alergi pada susu sapi yang menurut saya semua ibu dan calon ibu harus tahu. Semoga bermanfaat!

Neocate-Advanced-6 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa? Neocate-Advanced-8 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Gejala Alergi Susu Sapi pada Anak

Pada dasarnya, gejala ini timbul karena sistem kekebalan tubuh anak bereaksi atas protein yang ada di dalam susu sapi. Karena gak cocok, maka sistem kekebalan tubuh anak akan langsung nandain si protein ini dan memproduksi Imunoglobin E sebagai antibodi. Karena si protein udah ditandain, makanya muncul reaksi alergi sebagai warning terhadap tubuh anak.

Tanda-Tanda Alergi Susu Sapi pada Anak

  • Muntah setelah minum susu sapi
  • Mencret/ Diare
  • Batuk
  • Flu
  • Mata berair
  • Kulit ruam dan gatal terutama di area mulut
  • Kolik
  • Muncul spot-spot kasar pada kulit

Teman saya cerita awal mula mencurigai anaknya ada alergi adalah karena melihat kok lubang anting di telinganya sering basah, selain itu juga muncul spot-spot kasar pada kulit anak. Langsung deh dia konsul ke dokter, dan dokter bilang memang ini ada tanda alergi. Kemudian teman saya yang masih menyusui ini langsung disuruh untuk stop konsumsi produk susu sapi dan juga turunannya, dan juga stop ayam, telur, dan juga ikan. Duh ternyata seribet itu gaes..

Neocate-Advanced-9 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Selain ASI, teman saya juga memberikan susu khusus untuk anak yang menderita alergi pada susu sapi. Biasanya susu formula khusus ini memang bebas dari protein sapi yang kompleks. Jadi kandungan protein pada susu formula ini sudah diuraikan sehingga menjadi Formula Asam Amino, yaitu protein dalam bentuk paling sederhana yang paling mudah dicerna dan bersifat non-alergenik.

1 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Kalau buibuuk mau rekomendasi susu formula apa yang menurut saya oke, saya akan merekomendasikan Neocate Advance sebagai pelengkap rangkaian allergy care untuk si Kecil. Susu ini aman diberikan untuk si Kecil yang masih mengalami alergi susu sapi diindikasikan juga untuk si Kecil dengan alergi berbagai protein makanan2 (multiple food allergy) serta kondisi klinis lain yang memerlukan nutrisi asam amino sebagai asupannya.

2 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Sebagai informasi tambahan, Neocate Advance ini dilengkapi dengan energi 1 kcal/ ml dan Kandungan MCT yang tinggi (35%) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kejar pertumbuhan pada anak yang mengalami alergi, dan sesuai kebutuhan anak usia 1-12 tahun. Satu satunya nutrisi dengan kandungan 100% asam amino non alergenik di Indonesia, yang bisa membantu mengatasi gejala alergi susu sapi dengan lebih cepat & efektif, serta mendukung pertumbuhan si Kecil tanpa halangan dari alerginya.

Neocate-Advanced-4 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa? Neocate-Advanced-5 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Kalau masih mau tahu tentang alergi pada anak, bisa langsung meluncur ke web https://www.nutriclub.co.id/allergyexpert/ yaa karena disana sudah banyak konsultasi berupa tanya jawab dengan para ahli alergi dan berbagai konten menarik lainnya, salah satunya adalah ada fitur Tes Deteksi Alergi yang bisa membantu kita para ibu yang masih ragu.

Setelah konsultasi ke dokter, silahkan cari tahu juga tentang Neocate Advance sebelum memutuskan untuk mencobanya kepada anak yaa bu, biar makin yakin.

Neocate-Advanced-10 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa? Neocate-Advanced-11 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?

Semoga bermanfaat!

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Ola Aswandi

Twitter olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE CONTENT, PHOTOS,  AND VIDEOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Alergi Susu Sapi pada Anak, Kok Bisa?0 unique page views

4 Comments

  1. oohh gitu toh kak, alergi susu sapi efeknya, buat pembelajaran nih andai kata nanti aku punya anak lagi #eaaaa #amiiin , jadi tau duluan ciri-cirinya seperti yang dibahas k ola disini, thanks sharenya ^_^

  2. Thanks infonya Ola, anak ke dua nih agak sensitif dan alergian kulitnya, tapi pas dicoba-coba alhamdulillah bukan dari produk dairy, dan kata dokternya kalau bayi emang ada masa2nya alergi, tapi semakin gede bisa menghilang… jadi semoga ntar alerginya si bayi menghilang sesuai bertambahnya usia 😀

  3. Walaupun anakku bukan alergi susu sapi, tapi alergi banyak yang hal yang bikin mamak pening, hahaha. Jadi kebayang klo ada susu yg aman buat anak alergi macam neocate advance, mamaknya pasti bahagia dah, hohoho.

Mana jejaknya?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.