Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

ef-cover Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

Assalamu’alaikum fellow readers!

Duh, ini tema yang menarik banget untuk dibahas deeeh.. Secara background akademis saya pun adalah pendidikan bahasa asing, jadi begitu diundang untuk datang ke event talkshow oleh English First dan MommiesDaily yang bertajuk Multilingual at Early Age, Why Not? ini maka saya pun langsung bela-belain datang walaupun mesti berjibaku sama drama mas Kal gak mau ditinggal dulu sebelum berangkat..

Hey naak, padahal Bundo ikutan acara ini untuk masa depan kamu juga lho… tsaaah… 😆 

Bertempat di FX Sudirman, Jakarta, acara ini dipandu oleh brand ambassador EF, seorang mamah cantik Donna Agnesia, serta dihadiri oleh psikolog anak dan keluarga, yaitu Roslina Verauli yang akrab disapa mbak Vera. Hadir juga perwakilan dari EF yaitu mba Meta Fadjria yang menjabat sebagai Director of Studies EF yang telah berpengalaman selama 18 tahun dalam dunia pendidikan bahasa asing.

ef-x-md-5 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?ef-x-md-43 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?ef-x-md-8 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-10 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-14 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

 Jaman saya kecil dulu, kemampuan berbahasa seringkali dinomorsekiankan. Pokoknya yang namanya pintar pasti harus bagus nilai Matematika-nya, padahal kecerdasan tiap individu itu berbeda, dan tidak bisa disamaratakan. Beruntung sekarang para orangtua sudah bisa mendapatkan akses informasi dan ilmu dari mana saja, sehingga mindset tersebut mulai berubah, dan kemampuan anak berbahasa pun mulai mendapat perhatian yang serius untuk masa depan mereka nanti.

Pada event ini, mbak Vera menjelaskan bahwa yang namanya speech delay atau bingung bahasa itu tidak ada hubungannya dengan pembelajaran bahasa asing pada usia dini. Mitos saja ternyata buibuu.. Karena ketika anak dikenalkan dengan lebih dari satu bahasa, maka akan terjadi peleburan dari bahasa-bahasa tersebut yang disebut dengan code mixing.  Hal ini adalah proses yang wajar kok, dan seiring usia kondisi ini akan hilang dengan sendirinya.

Nah kalau ada anak yang menderita speech delay, biasanya memang untuk mengenal satu bahasa saja dia sudah kesulitan, sehingga memang treatment-nya harus berbeda. Sedangkan bagi anak-anak normal, belajar lebih dari satu bahasa asing tidaklah menjadi masalah. Apalagi anak pada usia Golden Age dimana kemampuan bahasa sedang mengalami kemajuan pesat.

Asalkaaaan…

Nah ada syaratnya juga nih buibuuuk kalau mau anaknya bilingual atau bahkan multilingual, yaitu:

  1. Waktu dan caranya tepat
  2. Sesuai tahap perkembangan dan kondisi anak
  3. Konsisten, orangtua gak boleh ngajarin setengah-setengah atau dicampur-campur dengan bahasa ibu
  4. Ada pendampingan yang intensif dari orangtua

Teruuus.. apa sih sebenarnya manfaat kalau si anak belajar bahasa asing??

  1. Anak dapat beradaptasi lebih baik dengan lingkungan
  2. Fungsi kognitif anak lebih baik
  3. Kemampuan yang lebih baik dalam menghafal, mengingat dan memahami
  4. Lebih konsentrasi
  5. Kemampuan untuk menganalisis, pembentukan konsep, kemampuan verbal dan fleksibilitas berpikir lebih baik
  6. Kemampuan sosial dan sosiokultural lebih baik

ef-x-md-31 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-32 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-33 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-35 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-36 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

Ternyata manfaatnya banyak sekali yaa.. Tapi memang harus diajarkan secara konsisten dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Gak bisa tuh yaa kalau si anak hanya belajar dari youtube tanpa ada stimulus dan pendampingan dari orangtua. Orangtua juga gak boleh banget ngomong campur-campur.. hahaha. Campur bahasa Sunda, trus Inggris lanjut Indonesia misalnya. Biasakan ada sesi khusus dimana anak cuma boleh berbicara 1 bahasa saja.

Berhubung lagi main ke EF FX, saya juga tak lupa mendokumentasikan suasana yang bisa kita dapatkan ketika belajar di EF. Tempatnya emang cozy banget, pokoknya bakal betah lama-lama di tempat ini.. 😀

ef-x-md-2 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-4 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-6 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-16 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?ef-x-md-46 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-51 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-52 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-64 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

Mba Meta menjelaskan bahwa usia 3 sampai 6 tahun merupakan usia yang tepat untuk diajarkan bahasa Inggris secara lebih terstruktur. Memfasilitasi hal itu, EF membuka program yang bernama Small Stars.

Proses pembelajaran yang ada di Small Stars sendiri adalah sebuah proses yang didasarkan pada metode EFEKTA System. Jadi dengan sistem ini anak akan melalui tahapan Learn, Try, Apply kemudian CertifySemua kegiatannya dijamin menyenangkan dan gak bikin anak-anak bosan.

ef-x-md-42 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-37 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-38 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-40 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-41 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

Tapi ingat yaa buibuu tanpa dukungan dan konsistensi dari orangtua, sulit rasanya kalau mau anaknya berhasil menguasai bahasa asing dengan benar. Oleh karena itu, penting banget adanya kerjasama antara anak, orangtua dan guru pembimbingnya. Nah, EF sebagai partner yang terpercaya ini dapat menjadi salah satu pilihan yang oke untuk para orangtua.. Saya sendiri sangat tertarik memasukkan mas Kal ke EF, tapi nanti dulu deh.. Tunggu lahiran dulu biar bisa anter-anterin bocah, hahahaha..

Terima kasih EF dan MommiesDaily atas undangannya. Benar-benar pengalaman membuka mata dan pikiran. Alhamdulillah..

Silahkan cek web EF untuk mendapatkan lebih banyak info tentang program Small Stars ini yaaa..

ef-x-md-45 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

Bersama para momblogger Nadia, dan Icha..

ef-x-md-48 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay? ef-x-md-53 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Multilingual Sejak Dini, Gak Takut Speech Delay?207 unique page views

7 Comments

  1. Anak2ku dulu belajar bhs inggrisnya lewat lagu dan story telling.. Komunikasi oake bahasa indonesia..hahaha..tapi emang jd cepet ngerti dia kalo baca buku berbhasa Inggris

  2. Pantesan skrg banyak balita yg udah jago bilingual. Ternyata memang disarankan yah. Makin seneng liat kemampuan balita skrg. 🙂

    • bisa konsultasi dulu ke psikolog mbaa Inka.. Tapi bilingual juga tergantung kebutuhannya anak saja, tidak diharuskan kok kalau memang lingkungannya gak butuh untuk bilingual.. 🙂

  3. Aku termasuk yg susah mau kasih bahasa bilingual u anak, khawatir ga bs konsisten, tp ni membantu jg infonya 🙂

    • sama mom.. kalau saya paling sengaja buat 1 sesi tersendiri untuk full english sama saya di rumah.. paling 1-2 jam aja..hehehe

Mana jejaknya?