Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Assalamu’alaikum fellow readers!

Buat kamu yang sering ceki-ceki Instagram saya, pasti ngeh deh dengan tone warna ataupun foto-foto yang akhir-akhir ini saya post di IG. Saya lagi suka banget fotoin hal-hal menarik disekitar saya, seperti foto pemandangan, bangunan-bangunan, sampai detil-detil kecil yang caught my eyes.

Kebanyakan dari foto-foto tersebut hanya saya jepret melalui kamera iPhone 5 saya. Karena tujuannya mau posting di IG, maka dalam memfoto saya selalu menggunakan ukuran “square” pada jendela bidikan kamera hape saya. Ini membantu supaya gak perlu pusing-pusing lagi untuk crop foto. Selain itu kalau saya foto pakai mode square, saya jadi sudah punya gambaran detil in frame apa yang ingin saya jepret.

Setelah di foto, saya biasanya hanya bermodal editor foto dari Instagram aja. Sedikit touch up exposure dan juga contrast level-nya udah cukup, sambil diberikan sentuhan filter khas IG. Nah sekarang beda. Sekarang saya lebih suka memproses foto di app VSCO Cam terlebih dahulu. Dulu sebenarnya saya sudah pernah pakai aplikasi ini lumayan lama. Tapi gak pernah pake filter-filternya. Cuma setelah di upgrade, ternyata aplikasi ini tambah kece aja. Hehehe..

Saya mau share beberapa hasil foto pada saat mudik roadtrip ke Semarang kemarin yang sudah di publish di IG serta contekan rumus ngeditnya di VSCO Cam. Yah semoga ada yang suka dan nyoba-nyoba nerapin rumus ini yaa,hahahhaha..

IMG_1147 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Foto 1: captured by suamik using iPhone 5

Pada Foto 1 pakai rumus:

Filter F2

Exposure -1

Contrast +1

Sedikit diluruskan & crop.

P.S: foto asli sudah over exposure karena diambil pada saat siang hari pas lagi terik-teriknya. Lokasi outdoor di Gigglebox, Semarang. Hasil editan foto bermaksud menimbulkan efek vintage.

Foto aslinya: IMG_1064 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

 •••

IMG_1175 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Foto 2: captured by me using iPhone 5

Pada foto 2 pakai rumus:

Sharpen +9

Saturation +4

Highlights Save +6

Shadow Save +2

Temperature -1

P.S: Foto dijepret jam 6 pagi dari dalam kamar hotel Neo Samadikun, Cirebon pas transit dalam rangka balik ke Jakarta. Foto terhalangi jendela kaca. Ini maksudnya mau bikin fotonya lebih tajem dan kontras aja sih. Saya suka foto yang kontrasnya kelihatan soalnya.

Foto aslinya:IMG_1173 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

•••

IMG_1190 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Foto 3: captured by me using iPhone 5

Pada foto 3 pakai rumus:

Filter F2 (+8)

Vignette +5

Sedikit di crop

P.S: foto diambil dari angle atas, didalam ruangan. Lokasi Gigglebox, Semarang. Penampakan tangan by mas Kal. Sengaja dibuat lebih gelap dari aslinya supaya misterius. *heeee???

Foto aslinya: IMG_0988 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

•••

IMG_1268 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Foto 4: captured by me using iPhone 5

 Pada foto 4 pakai rumus:

Filter A6

Exposure -1

Contrast +2

Saturation -2

Highlights Save +5

Temperature +1

Sedikit di crop

P.S: foto asli sudah over exposure karena diambil pada saat siang hari pas lagi terik-teriknya. Lokasi outdoor di Gigglebox, Semarang. Cuma 1x take sembari pulang. Sampai rumah pas dilihat hasilnya eh jatuh cinta. Berasa gak di Indonesia soalnya, hehehe.

 Foto aslinya:IMG_1069 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam •••

Yang terakhir adalah foto ini. Kalau yang ini sempat di featured oleh akun goodsquareshot karena saya sering pakai hashtag #goodsquareshot pada foto-foto IG saya, ihiiiiyyy..

IMG_1266 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Foto 5: Captured by me using iPhone 5

Pada foto 5 pakai rumus:

Filter HB2

Exposure +1

Contrast +1

Temperature -1

Sedikit dilurusin dari foto aslinya.

P.S: foto diambil dari angle atas, didalam ruangan. Lokasi Florian Ice Cream, Semarang. Awalnya males banget lihat hasil fotonya, semacam gak jelassss. Tapi setelah dipermak hasilnya jadi cakep juga. 😀

Foto aslinya: IMG_1143 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam

Sebenarnya masih banyaak foto-foto lain yang udah di edit pake VSCOcam. Tapi untuk kali ini saya share 5 foto dulu yaa. Kalau memang banyak yang suka dengan postingan ini, mungkin saya juga akan bikin part selanjutnya, hihihihi. Yah soalnya belum keluar semua nih ajian edit fotonyaaaa. Terus sekarang malah lagi nahan nafsu untuk beli aneka filternya si VSCOcam! Hadeeh hadeeeeh.. *kekepdompet*

Kalau ternyata some of you lebih suka lihat yang versi aslinya sih gapapa juga. Namanya juga eike berkreativitas yesss.. Untuk menghasilkan editan yang bagus pasti butuh latihan dan jam terbang fotografi yang cukup tinggi. 😀 Oiya, VSCO Cam baru tersedia untuk smartphone iOS yaa.. Semoga gak lama lagi akan merambah ke Android juga.

Anyway, kamu paling suka foto nomor berapa?

Alasannya apa?

Monggo di share yaa..

Saya seneng banget lho kalau dapet feedback dari teman-teman pembaca blog olanatics.com.. 🙂

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Ketagihan Aplikasi VSCO Cam5,494 unique page views

13 Comments

  1. aku suka foto terakhir tp lbh kepada mupeng aja sih, itu minuman apa kok seger amat, hehehe. pernah nyobain vscocam jg, tp cm sekali-2x trus nyerah, hehehe.

    • Itu eskrim, tp ditaruh di gelas panjang yg super slim, hiks..

      Vsco cam bikin ketagihan kalo udah tau selahnya, hehe

  2. Aku suka yang pertama karena kesan vintagenya. Mungkin juga karena baju yang dipake Bundo warna warni jadinya terkesan lebih seru. Backgroundnya juga baguus. Aku tadinya udah uninstall VSCO cam, kayaknya bakal instal lagi nih ter-influence Bundo :p

    • Samaaa Niaaa.. Aku jg udh sempet uninstall sebelumnya. Tp sekarang keracunan lagii hahaha

  3. Foto yang jendela itu berasa seperti di Jepang Mbak, cantik banget :hehe, saya kayaknya paling favorit yang itu deh. Sayang sekali baru ada di iOS, semoga cepat ada di Android juga :hehe. Btw, aplikasi ini settingan untuk memoles fotonya ada banyak ya, filter bla bla bla jadi supaya bisa ahli memang harus punya jam terbang fotografi yang tinggi :)).

Mana jejaknya?