Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Cover-TetraPak-Indonesia Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Assalamualaikum fellow buibuk!

Sebagai seorang Ibu jaman now yang sering kepo informasi sana-sini. Saya tuh mantap banget untuk tetap memberikan susu kepada anak-anak saya setelah lulus ASI. Karena menurut saya susu itu banyak manfaat dan bergizi. Jadi selama susu adalah hal yang baik, pasti saya akan tetap kasih susu ke anak-anak.

Nah, berhubung sekarang saya kembali bergelut seputar dunia perASIan karena ada adek bayi lagi si Baby Kai, mau tidak mau saya harus kembali mempersiapkan strategi untuk menyapih dia nanti kalau sudah mau umur dua tahun. Pas jaman mas Kal dulu saya sempat coba-coba berbagai jenis susu, mulai formula, susu pasteurisasi, sampai susu UHT merk A, B, C, D, dkk. semua udah kita sodorin ke Kal. Emang dasarnya dia doyan susu daripada makan sih, jadi semua susu sih doyan-doyan aja.

Tapiiii mas Kal pernah juga masuk rumah sakit gara-gara abis roadtrip mudik ke rumah Eyangnya. Saat itu kebetulan saya lagi memperkenalkan formula, jadilah semua perlengkapan perang dibawa, segala termos, dan juga botol-botol dihabrukin semua ke bagasi mobil. Nah mungkin ada proses yang kurang higienis ketika kami terjebak macet di kawasan Pantura pas lagi nyeduh formulanyaa, huhuhu.. Jadilaah doi diare parah sampe lemas dan cekung banget matanya. Alhasil diusia 1.5 tahun Kal udah ngerasain yang namanya dirawat dirumah sakit. Dari situ saya merasa gak cocok sama formula, bukan karena kandungannya atau apalah-apalah.. Alasannya yaa karena repot buuuk. Saya juga bukan yang super higienis juga sih.. Jadi opsi formula pun saya coret.

Selanjutnya saya coba untuk memberikan susu pasteurisasi. Ini juga mas Kal doyan banget. Tapi kembali lagi, yang gak cocok ya si emaknya. Duh rempong juga cuuy, mana cepet basi yakaaan. Yang ada saya mulu yang kebagian ngabisin susu karena takut mubazir keburu basi, hahaha. Selain itu harganya juga mahal buuk kalau buat dirutinin mah.. *buibu ekonomis*

TetraPak-Indonesia-81 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Sampai akhirnya ketemu jodohnya, yaitu apalagi kalau bukan susu UHT.. Namun perjalanan menemukan susu UHT yang cucok rasanya di lidah mas Kal si picky eater juga penuh drama lho hahaha. Tapi kalau cuma soal rasa sih gampang lah yaa, yang penting harga cocok, dan gak ngerepotin emaknyaaa.. hehehe.

Sampai hari ini mas Kal berusia 5 tahun 9 bulan dia tetap rutin minum susu UHT. Terus terang sih gak ada efek yang gimana-gimana ke mas Kal.. Toh dia juga makannya sedikit, jadi malah susu UHT nya membantu untuk memenuhi gizi. Selain itu pak suami dan saya juga mikir lebih baik dia minum susu daripada udah kenal softdrink. Alhamdulillah si Kal belum pernah tuh yang namanya minum softdrink.

TetraPak-Indonesia-90 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Beruntungnya saya ketika dapat undangan untuk menghadiri blogger gathering bertema Susu Bergizi Kesukaan Anak yang diadakan oleh Tetra Pak Indonesia pada hari Sabtu lalu. Lewat acara ini saya jadi lebih tahu lebih banyak tentang informasi seputar susu UHT alias Ultra-High Temperature ini. Disini juga bukan ajang mempromosikan salah satu brand aja sih, tapi acara ini lebih untuk memberikan informasi seputar susu UHT dan teknologi apa aja sih yang bikin susu sapi ini bisa lebih tahan lama walau disimpan pada suhu ruangan aja.

Hadir sebagai narasumber adalah mba Lisa Suhanda, food technologist Tetra Pak Indonesia, dan juga mba Gabrielle Anggraini sebagai communications manager Tetra Pak Indonesia. FYI Tetra Pak ini sendiri adalah perusahaan global yang hadir di 170 negara lhoooo.. Jadi tak usah diragukan lagi teknologi dan eksistensinya.

TetraPak-Indonesia-30 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT? TetraPak-Indonesia-28 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?TetraPak-Indonesia-39 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?TetraPak-Indonesia-2 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?TetraPak-Indonesia-54 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Sebenarnya gimana sih pemrosesan susu UHT itu sendiri?

Begini ceritanya, jadiiiii si susu sapi itu dipanaskan pada suhu 135° Celcius selama dua sampai empat detik. Setelah itu langsung didinginkan. Dengan cara ini, semua bakteria buruk yang bisa ngerusak susu langsung angkat kaki dari susu tersyebut.

Udah gitu doang jadi bisa tahan lama??

Bener kakaaaa, walaupun prosesnya singkat, tapi itu crucial banget untuk mengeliminasi semua bakteria buruk tersebut sekaligus untuk mastiin kalau nutrisi, rasa dan kesegaran susu tetap terjaga. Nah kalau udah steril, susu bisa bertahan lamaaaa tanpa membutuhkan pengawet atau pendingin. Tapi dengan syarat harus dikemas dengan kemasan aseptik yaaa..

TetraPak-Indonesia-42 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT? TetraPak-Indonesia-9 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Apaan tuh kemasan aseptik?

Kemasan aseptik itu adalah kemasan yang bebas dari infeksi mikroorganisme. Teknologi kemasan Aseptik Tetra Pak® sendiri memiliki enam lapisan perlindungan yang didesain untuk tidak tembus dari cahaya, udara, kelembaban, bau, dan bakteri, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dengan baik tanpa membutuhkan pengawet selama 9 hingga 12 bulan.

Thanks to Tetra Pak sekarang kalau mau minum susu jadi gampiiiil banget yakaaan.. Kids jaman now nya eike juga kalau sekolah pasti dibekalin susu ukuran mini pleus cemilan sama emaknya. Soalnya susu UHT itu sehat, aman, praktis, simpel, dan juga bikin kenyang. Gak perlu gotong-gotong kulkas supaya susunya gak basi. Hahaha..

Jadi, kenapa harus pilih susu UHT?

Naaahh.. masih aja nanya.. gini lhooo bagi buibuk yang masih ragu untuk memberikan UHT setelah disapih umur 2 tahun.. Udah tenang ajaa susu UHT aman kok untuk anak usia dua tahun keatas. Susu UHT kan mengandung beragam nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, Vitamin A dan lainnya yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dan juga baik bagi kesehatan tulang dan jantung. Selain itu susu jaman now rasanya udah macem-macem banget, ada yang plain, cokelat, stroberi, mocha, pisang, melon, dan lainnya. Tapi kalau saya sendiri pilih yang gak terlalu manis sih biar si bocah gak ada alasan untuk ga mau makan karena terlanjur kenyang minum susu.. huhuhu *drama anak picky eater*

TetraPak-Indonesia-27 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

TetraPak-Indonesia-36 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT? TetraPak-Indonesia-46 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Terima kasih yaa Tetra Pak Indonesia atas undangannya. Sukses bikin hepi mas Kal pas pulang kerumah bawa banyak susu UHT yang enak-enak.. Yeaay.. Alhamdulillah..

TetraPak-Indonesia-58 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Kenapa Sih Harus Pilih Susu UHT?273 unique page views

11 Comments

  1. Saya minum susu UHT terus
    Jarang banget yng bubuk karena emang dasarnya saya pemalas wkwk

  2. toss sama mas Kal, aku juga sampe segede ini masih suka susu UHT 🙂
    untuk anak – anak yang picky eater memang cocok kayanya ya bundo, apalagi susu UHT ada yang ukuran mini buat coba – coba dulu rasa mana yang cocok di lidah mereka.

  3. Sampai sekarang aku suka UHT dicampurin kok crunch. Sarapan paling gampil nan sehat kalau udh di kantor.

  4. Inget jaman dulu, mau minum susu sapi harus direbus dulu, blum kalo kelamaan ngademin kadang suka keburu ga enak karena berlemak.

    Sekarang enak, susu UHT ada berbagai macam rasa, bosen satu tinggal pilih rasa lain, begitu terus….jadi hidup selalu berwarna karena susu UHT, haseek…..

    Kemasan tetrapak canggih banget ya.

  5. Anaku Fahri juga suka banget sama susu UHT Ultra dan aku ngasihnya emang yang plain, setuju daripada softdrink mendingan susu yaaah.. Kebetulan anaku pernah icipin softdrink tapi ga doyan lebih doyan susu.. (alhamdulillah) hehee

  6. Anak-anak saya juga suka susu UHT, bahkan si bungsu yang berusia 17 bulan pun suka. Kadang rebutan sama kakak-kakaknya.

  7. Kujuga paling suka susu Ultra yang coklat :)) dari dulu minum untuk diri sendiri, dari zaman sd sampai sekarang udah ‘dewasa’ gini hehehe

  8. Kalau aku sih dicampur sama susu bubuk juga Mbak. Hihi.. Kalau UHT teyus agak boros ya *emakemakhemat Aku paling suka ngasih yang Ultramimi putih, menurutku ini yang paliiing alami. Yaaa, meski sebenarnya anakku udah di atas 6 tahun sih.. Haha..

Mana jejaknya?