Kehamilan Kedua

2nd-pregnancy-1 Kehamilan Kedua

Assalamu’alaikum fellow readers!

Bismillahirrahmanirrahiiim.. 

Selamat datang tahun 2017, semoga tahun ini menjadi tahun yang barokah dan lebih baik untuk kita semua yaaa..

Akhirnya ada kesempatan lagi untuk cerita-cerita di blog. Kali ini saya ingin update sedikit tentang kehidupan personal saya. Seperti yang bisa dilihat di foto atas, ternyata di penghujung tahun kami sekeluarga dititipkan amanah kehamilan anak kedua.

Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah…. Sebenarnya hamil anak kedua adalah resolusi saya untuk tahun 2015, jadi sudah cukup lama kami menanti kehadiran anak kedua, dan alhamdulillah di akhir bulan September 2016 lalu saya diberikan kejutan dengan hasil testpack bergaris dua. Finally after dozens of testpacks, this one looked surprisingly beautiful.. 🙂

Anyway, saya share di blog bukan untuk pamer atau gimana-gimana ya.. Cuma ingin berbagi kepada teman-teman para pembaca, sekaligus untuk dokumentasi kami sebagaimana dulu saya pun pernah cerita juga tentang kehamilan Kal di blog ini. Seru lho ngebaca-baca lagi tulisan lama untuk mengingat kembali kenangan dan pengalaman hamil anak pertama..

Dibalik kebahagiaan ini, terdapat perjuangan yang cukup membuat perasaan saya naik turun. Semua bermula dari ketidakteraturan jadwal menstruasi yang ternyata merupakan akibat dari PCOS (polycystic ovary syndrome) yang ternyata saya derita berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dokter kandungan langganan. Setelah konsultasi, saya diberikan segambreng obat untuk memulihkan siklus menstruasi yang datangnya hanya 3-4 bulan sekali, dan juga untuk menormalkan kondisi sel telur yang tidak berkembang.

Setelah itu saya dan suami kembali diberikan segambreng obat untuk dikonsumsi setiap hari selama 3 bulan berturut-turut dalam rangka ikhtiar mendapatkan momongan. Kalau setelah 3 bulan belum berhasil, saya disarankan untuk inseminasi. Sayangnya kami cuma dapat bertahan 1 bulan saja untuk mengkonsumsi obat-obatan tersebut secara rutin.

Ternyata bosen banget minum obat 5 buah setiap 2x sehari, setiap hari.. Berasa kayak orang sakit parah, huhuhu…

Akhirnya semua obat-obatan itu kami tinggalkan begitu saja. Sambil ikhtiar dan juga berdoa agar diberikan keturunan lagi..

“Robbi habli minash sholihin…”

“Ya Rabbku, anugerahkanlah kepadaku( seorang anak) yang termasuk orang-orang yg Shaalih” (QS.Ash-shaaffat: 100)

Doa ini lah yang rutin kami panjatkan setelah sholat berjamaah selama kurang lebih 3 bulan setelah lepas dari obat. Intinya kami percaya tidak ada yang tidak mungkin, apalagi kalau mintanya langsung kepada Yang Khalik. Alhamdulillah doa kami diijabah pada waktu yang tidak disangka-sangka..

Jadii, karena mens-nya tidak teratur, saya selalu stock yang namanya tespek di rumah. Biasaa, anaknya suka Ge-eR kalau telat dikit, hahaha.. Padahal mah emang selalu gak teratur mensnya.. Nah.. dari GR sampai super desperate liatin hasil tespek yang gak kunjung bergaris dua sudah saya alami. Dan yang namanya tespek pun jadi semacam ritual bulanan aja, huhuhu..

Sampai pada suatu pagi sebangun dari tidur, saya pengen banget tespek lagi, padahal minggu sebelumnya sudah tespek dan hasilnya negatif. Hal ini karena saya sering banget berasa lemas mau pingsan pada saat senam aerobic bersama buibu sekolahan Kal. Biasanya gak sampai lemas berkunang-kunang gini, dan buibu pun pada komen kalau saya pucat sekali. Pada nyeletuk, “hamil kali bundooo..” yaa segera gue patahkan dong dengan jawaban minggu lalu udah tespek kok, negatif.. Tapi yaudah, akhirnya saya coba untuk tespek lagi.

Sewaktu saya tespek, dan duduk di toilet sambil menunggu hasil, awalnya yaa masih kriyep-kriyep ini mata, yaaa namanya juga baru bangun yaa.. Eh tapi pas saya lihat lho..lho.. garisnya kok duaaa!! Seketika saya langsung gemetar, ya Allah beneran niiih?? Tanya saya dalam hati.. Langsung saya keluar dari kamar mandi dan memperlihatkan hasil tesnya ke bapake yang lagi main sama mas Kal.. ehhhh pas dikasih dia gak ngerti dong ada apa, gubrak.. Yaudah saya bilang aja itu garisnya dua, hamil ituuuu.. Bapake jawab, “beneraan?? alhamdulillah.. langsung cek ke dokter aja kalau gitu..”

Langsung deh kami sekeluarga pergi ke RS terdekat untuk cek. Pas di USG ternyata memang sudah ada kantung kehamilannya tapi belum kelihatan janinnya, jadi saya diberikan vitamin dan juga disuruh kembali 2 minggu lagi untuk lihat perkembangannya. Ini sama persis sewaktu kehamilan Kal, awalnya belum terlihat janinnya.. Selama 2 minggu itu saya sangat menjaga kondisi tubuh dan juga rajin minum vitamin dan susu hamil. Alhamdulillah setelah kontrol 2 minggu berikutnya, si janin mulai terlihat dan berkembang. Masya Allah…

Kami kembali kontrol pada bulan berikutnya, dan inilah hasil USG nya. Usia kandungan 8 minggu:2nd-pregnancy-6 Kehamilan Kedua

Setelah kontrol ini, saya mulai mengalami yang namanya mabok kehamilan, hahahahay…

Kondisinya hampir sama seperti kehamilan Kal dahulu, bedanya saya merasa kehamilan sekarang lebih berat dan juga lemas banget.. Mual muntah sepanjang hari, semua makanan dan minuman kebanyakan keluar lagi, alhasil lemas banget. Tapi emang harus dimasukin makanan lagi supaya tetap ada yang terserap tubuh, walau selera dan nafsu makan udah hilang sama sekali. Semangaaaat..

Pas usia kandungan 16 minggu, saya bahkan sempat masuk IGD karena pusing yang teramat sangat akibat lagi flu berat. Sudah 2 minggu gak sembuh-sembuh, pusing banget tiap hari, mau sujud pun kepala sakit banget, sampai gak tahan dan akhirnya memilih untuk gak sujud dulu selama pusing melanda. Alhamdulillah gak perlu sampai dirawat, dan obgyn pun mengatakan kandungan sehat, tidak ada masalah, hanya flu berat saja.

Ini USG kehamilan minggu ke-16:

2nd-pregnancy-4 Kehamilan Kedua

Saat ini kehamilan saya berusia 17 minggu, sudah masuk trimester 2. Mual muntah sudah berkurang banyak, walau terkadang masih muntah juga sih kalau perutnya kekenyangan atau makan yang bikin eneg.. 🙂 Selama 3 bulan kemarin praktis saya hanya istirahat di rumah saja, sejenak menghilang dari peredaran demi prioritas yang lebih utama.

Doakan kami sehat-sehat terus yaaa.. Aamiin..

2nd-pregnancy-14 Kehamilan Kedua

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Kehamilan Kedua460 unique page views

19 Comments

  1. Alhamdulillah 🙂
    Bundoo mau dong share skin care dan make up yang aman untuk bumil dan busui nih.. aku lagi butuh referensi… Terimakasih 🙂

  2. Bundo, aku ngikutin blogmu dari jaman belum hamil Kal, Hamil Kal, dan sekarang adenya Kal, ahhh ikut Happy! Semoga sehat sampai bersalin nanti ya!

  3. Senangnyaaa bundoo selamat yaaahh.. asliii.. hamil itu meski mabok tapi ngangenin yaaah.. sehat2 yaa mommy dan babynyaa… aku juga resolusi tahun 2017 ini hamil anak keduaa ^^ amin.. jadi kangen test pack trus rasa girangnya liat garis 2 hehehe…

  4. Semoga ola dan dedeknya mas kal selalu sehat dan lancar hingga persalinan nanti yaaa.. Ola makin cakeeeeep, ihiiy.. Itu btw kenapa yang menggembung perutnya aja sih olaaa, hahaha.

Mana jejaknya?