Hobi Putar dan Buang Uang?

Assalamu’alaikum fellow readers!

Hobi macam apa itu kalau namanya putar uang? Apalagi kalau sampai buang uang??

Ih kok shombooong banget kelihatannya.. 😀

Okay let me explain it to you…

IMG_1163 Hobi Putar dan Buang Uang?

Sejak suami dan saya belajar sedikit demi sedikit tentang hukum Islam, kami mulai menyadari bahwa riba dan kegiatan menimbun harta itu sangat berbahaya lho. Sangat berbahaya untuk dunia akhirat tepatnya. Tapi karena saya belum punya kapasitas untuk menjelaskan secara detail karena masih awam banget, takutnya saya menjelaskan suatu hal yang ternyata salah. Silahkan baca DISINI ya untuk lebih dalam.

Dari bacaan tersebut, ada yang disebut dengan Kanzul Mal:

Kanzul mal adalah tindakan menyimpan uang tanpa keperluan untuk membelanjakannya lagi (penimbun harta).

Saya tuh tadinya doyan banget deh yang namanya melototin saldo tabungan, sekedar untuk make sure angkanya terus bertambah. Emang terus uangnya mau buat apa? Ya belum tau sih, buat jaga-jaga aja. Mau buat beli mobil, beli rumah yang entah kapan bisa kebeli, dan beli-beli yang lainnya. Yaelah pikirannya di dunia aja ya.. Yaaa pengen juga sih untuk umroh dan lunasin haji… Tapi bagian itu mah jarang banget dipikirin, suka “ah nanti-nanti aja” deh.. hiks..

Dalam rangka menghindari menjadi Kanzul Mal ini, kami menerapkan 2 cara sederhana agar uang yang kami punya tidak ngendon aja di bank konvensional yang ujung-ujungnya ngomongin riba lagii. hiks..

Naaah, untuk menghindari keluarga kami dari dosa yang berkubang, dan juga menghindari sifat konsumtif, maka kami mempraktekkan 2 cara sederhana dibawah ini:

1.   Memutar Uang

Uang lebih yang ada selalu digunakan kembali untuk keperluan usaha.

Usaha saya saat ini berkembang menjadi 2 lini yaitu MISLA yang memproduksi dan menjual sendiri produk-produk pakaian muslimah, dan juga GORJES ID – yang harapannya dapat berkembang menjadi salah satu e-commerce makeup dan beauty yang diperhitungkan. Gorjesid ini awalnya meminjam dana dari MISLA. Saat itu saya mulai “gerah” ngeliat uang ngendon di bank, dan alhamdulillah dapat ide untuk coba-coba membuat OLS makeup kecil-kecilan di Instagram dengan hanya bermodal 1 juta Rupiah saja. Sengaja juga dibikin supaya untungnya meveeeeet supaya bisa “mencuri” perhatian pasar. Eh ternyata sambutannya manis sekali. Akhirnya repeat order, dan makin lama orderan juga makin banyak alhamdulillah. Melihat perkembangannya GORJES ID, saya pun diskusi dengan suami untuk membuatkan web e-commerce untuk lapak saya yang ini. Alhamdulillah langsung disetujui. Alhasil sekarang kami seringnya malah “bokek”, karena uangnya gak pernah bertahan lama ngendon di rekening bank. Ada yang mau nanem modal? 😆

Screen-Shot-2015-08-12-at-1.17.21-AM Hobi Putar dan Buang Uang?

tampilan gorjesid.com

2.  Membuang Uang

Kalau ini hobi suami dan saya. Bedanya kalau suami “buang” uang di jalan yang benar alias sedekah, kalau saya buang uang di mall-mall. Hahahaha, bercanda woy. Intinya semakin banyak “dibuang”, ternyata hidup tuh berasa makin lega lho. Gak pernah lagi ngerasa was-was, gak pernah lagi ngerasa kurang, ngerasa “ini duit larinya kemana yaaaa?”, terus harus siapin dana ini itu untuk masa depan keluarga jiyeh semacam cuma duit yang bisa ngejamin masa depan keluarga baek-baek aja. Percaya aja sama tabungan Allah swt yang ngasih “bunga” jauh lebih besar daripada bank manapun. 😀

Iyaaa saya paham banget kalau ngetik kayak ginian untuk bahan blog mah gampang, tapi dalam prakteknya pasti susyaaaah.. Apalagi kita hidup di dunia uang kertas yang nilainya makin ngenes tiap waktunya.

Sering banget kok ngerasa BM alias Banyak Maunya. Apalagi kalau udah megang uang dikiit ajaa, langsung deh hedon pengen foya-foya. Makanya harus banyak-banyak ngaca deh. Kalau udah mulai kesetanan, berarti napsu belanjanya harus di rem dulu. Belanja untuk usaha sendiri ajah biar hasratnya tersalurkan, tapi gak foya-foya untuk diri sendiri yang sifatnya hanya kebahagiaan yang sementara. Edisi lagi napsu banget liat sepatu, kamera dan tas mahal merk ABCDEF.

Akhir kata saya cuma mau bilang….

Ingat, dunia hanya persinggahan sementara. Maka belilah lipstik secukupnya aja! *DANGGGGG… 😆

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya dan bagi para pembacanya, aamiin.

Wassalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 Hobi Putar dan Buang Uang?1,179 unique page views

17 Comments

  1. awawawawww 😀
    BM Banyak maunyaa iyaa juga si namanya wanita 😀 akupun merasa bergitu >,<
    Makasih postingannya bundoo, jadi ngingetin buat ngebuang uang dengan cara yang baik yaitu disedekahin 🙂

  2. Aih jadi galau abis shopping2 reksadana… *soalnya kalo ga dibeliin reksa nanti malah beli baju makeup dlll wkwkwkk
    Tapi tujuannya emang buat dibelanjain sihhh…. di masa depan, buat sekolah anak, haji dll… Itu begimane yeee apa termasuk nimbun kekayaan
    Lha malah konsultasi syariah =))

    • Iyaa cb dialihkan ke tempat lain aja mba daripada ngendon lama di bank konvensional 🙂

    • Iya jgn ngendon di bank. Saya blm ngumpulin emas mak, masih abis terus diputer hehe

  3. Bundo tulisan ini bagus sekalii.. seneng bacanya.. gue jg sekarang jadi rada kaya elo bundo.. walaupun emang lbh sering keracun sama bisnis lo yang baru.. keracun beli ini itu maksudnya.. tapi beneran tulisannya bagus.. gak nyangka.. heuhehe..

  4. ONDE MANDEE…. suka kali ambo ama postingan Bundo ini!!!

    Ini hobi yang wajib kita punya dua-duanya…!! karena uangnya lebih bermanfaat kalau diputer, plus nilainya juga tetep terjaga.. Untuk investasi juga bagus biar nilainya naik (apartement,dll), atau bahkan sekedar ‘bekuin uang’ dengan beli LM (buibu nih pinter urusan bginian) untuk dana darurat yg gabisa dikutak kutik (krn kudu dijual dulu baru ada bentuk uangnya) –– en klo lebih dr 75/80gr––CMIIW––dan udah mendem 1th lebih jgn lupa dizakatin…

    Sedangkan ‘buang duit’ aka zakat n sedekah juga ga boleh ketinggalan biar barokaah…

    • makasih kaar udah mampir.. Hihihi padahal ini nulisnya sekenanya aja. Alhamdulillah kalo ngena yak!

  5. Sukaaaa banget topiknya ♥ akirnya ada yg nulis ini :)) Masya Allah sempurna banget Allah mengatur segala aspek kehidupan manusia. kita diwajibkan zakat tiap tahun dan dikenakan ke harta yang menimbun lama (investasi rumah, emas yg sudah sampai hitungan masuk zakat,dll) kalo dipikir2 ya utk kemashlahatan umat juga ya bundo agar ada perputaran uang tidak hanya didiamkan dan ditimbun sekian lama

Mana jejaknya?