4 Values On Hijab Fashion

Assalamu’alaikum gorgeous!

Ketika makin banyak muslimah yang berhijab, tentu saja kita sebagai umat Islam turut merasakan syukur atas hidayah yang diterima para saudari kita. Namun dikarenakan maraknya trend berhijab yang mulai bergeser esensinya hanya sebagai “fashion”, bukan niat lillahi ta’ala, membuat banyak muslimah yang “terjebak” untuk ingin berpakaian lebih modis, lebih “wah”, bahkan lebih “sexy” dari yang tidak berhijab, naudzubillah!

Sebenarnya apa saja sih pegangan muslimah berhijab dalam berpakaian?

Saya telah merangkum 4 nilai yang sebaiknya terkandung ketika kita memilih berhijab, yuk disimak! 😉

banner-2 4 Values On Hijab Fashion

Enchanting Modesty

Percaya deh, tidak ada mode yang paling menawan selain kesederhanaan yang memesona. Saya dulu juga pernah kok bergaya agak heboh dan diluar pakem muslimah yang seharusnya saya ikuti. Tapi seiring berjalannya waktu, ilmu dan kesadaran saya pun bertambah sehingga makin kesini rasanya pengen pakai pakaian yang less attracting alias lebih sederhana. Sekarang saya lebih suka dengan model pakaian yang sederhana tapi ada sedikit detail pada pakaian tersebut. Seringkali malah saya pakai pakaian dengan model basic karena lebih nyaman untuk dailywear saya.

Simply Gorgeous

Pernah  dengar alasan seorang muslimah berhijab karena dibilang lebih cantik oleh orang-orang disekitarnya? Pernah banget yaaa.. Tingkat PD langsung naik drastis begitu ada yang memuji saat kita mengenakan hijab. Yah, namanya juga wanita, agak klepek-klepek kalau dipuji, hahahaha. Tapi ini sebenarnya gak apa-apa lho. Justru orang-orang yang memuji muslimah karena terlihat lebih cantik secara tidak langsung berdakwah dalam menuntun seorang muslimah untuk berpakaian lebih santun! Alhamdulillah, jadi boleh lho sering-sering puji saya. *eh* Walau sebenarnya pujian itu mematikan, tapi menurut saya tidak ada salahnya dipakai sebagai senjata untuk menghijabi teman kita, hehehe. Nah yang cantik itu seperti apa? Hasil dari pantauan saya, kebanyakan muslimah yang dipuji cantik itu adalah ketika mereka berhijab dengan gaya yang simpel! Ya, SIMPLE, tidak kebanyakan akesoris dan tidak pula ketinggian cepol.  Ada pepatah yang mengatakan “less is more”, pepatah ini kalau dikaitkan dengan gaya berhijab ya benar banget. Tapi untuk berpakaian, “fully covered is way better”. Yes?

Creating Values

Berhijab itu tidak hanya sekedar berpakaian tertutup. Tapi juga menciptakan nilai luhur dan mengangkat sisi religius ketaatan seorang muslimah yang mencerminkan agama yang dianutnya – Islam. Jadi, ketika kita berhijab, kita harus sadar betul, apa yang diamanatkan kepada kita lewat hijab ini. Sehingga harapannya para muslimah yang berhijab akan menjadi lebih menjaga diri dalam bersosialisasi, lebih tahu diri, dan lebih rajin lagi untuk memperdalam ilmu agama agar penampilan luar dalam terus di upgrade dan di charge dengan ilmu keislaman. Nilai MALU, juga otomatis tertanam lho jika kita sudah berhijab, eventually. Jadi, mau ngapa-ngapain jadi mikir.

Be A Role Model

Sudah berhijab? Saatnya jadi role model! Dimulai dari diri sendiri dulu. Jadikan pribadi kita adalah sosok yang kita ingin temukan dalam seorang role model idaman kita. Menaklukkan diri sendiri konon adalah yang tersulit, nah setelah kita mampu menjadi panutan untuk diri sendiri, baru deh orang-orang disekitar kita bisa look up ke kita dan mulai mencontoh apa yang kita lakukan. Jadiii, untuk para role model diluar sana, sebaiknya mencontohkan hal-hal yang baik, meng-encourage muslimah lain untuk berpakaian lebih baik dan lebih syar’i lagi. Walau sama-sama masih belajar, tapi fastabiqul khairat alias berlomba-lomba dalam kebaikan sangatlah direkomendasikan oleh agama Islam.

Sekian pembahasan saya, semoga bermanfaat dan menginspirasi di tahun yang baru ini. Lebih kurangnya saya mohon maaf yaaa.. 🙂

credit: The photo is a banner for MISLA campaign | Model: Lia | Graphic designed by me | Hijab by MISLA

*****

Wasalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

chart1 4 Values On Hijab Fashion101 unique page views

2 Comments

  1. Setuju banget, Ola ^^. Simple is way better, tapi fully covered masih belum bisa jalanin. huhuhuu.. semoga bisa bertahap ke arah sana. Bener juga sih, baiknya kita jadikan diri kita role model ya, minimal buat keluarga sendiri dulu

Mana jejaknya?