2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

Assalamu’alaikum fellow readers!

Pertama kali saya dan suami berbulan madu adalah seminggu setelah menikah tahun 2010 lalu. Sejak saat itu kami belum pernah traveling ke tempat lain selain agenda rutin pulang kampung ke rumah orangtua suami (mertua saya) di Semarang. Sering sih family getaway yang deket-deket, seperti postingan ini dan ini, tapi sudah 4 tahun lebih kami belum sempat untuk benar-benar traveling berdua lagi dikarenakan waktu dan ehm budget yang tidak mendukung.. Hahaha. Terlebih lagi setelah kami diamanahi anak oleh Allah swt. jadi makin sibuk dan tidak tega rasanya meninggalkan anak. 🙁

Kalau saya boleh sedikit berkhayal, rasanya ingin sekali bisa traveling ke luar negeri sambil program anak kedua dengan suami. Kangen banget untuk bisa jalan-jalan berdua menikmati quality time sambil pacaran, dalam suasana relaks dan romantis tanpa harus mikirin kerjaan dan segala aktivitas yang membuat otak keriting dan syaraf tegang. 😀

bblog-1-cover 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

background photo source

Daya khayal saya kali ini memilih Jepang sebagai destinasi bulan madu kedua kami. Kenapa Jepang? Buat saya negara ini ibarat paket lengkap diantara ribuan destinasi travel dunia. Jepang adalah negara 4 musim, ia juga memiliki kebudayaan yang sangat unik, kawaii dan terasa dekat melalui serbuan manga, dorama, dan musik J-Pop nya ke Indonesia. Sewaktu ABG pun saya getol sekali ngumpulin manga Rurouni Kenshin, Slam Dunk, sambil tukaran koleksi dengan abang saya yang suka ngumpulin Detektif Conan. Masa muda tanpa manga dan dorama rasanya seperti lauk tanpa garam. Hambar!

Untuk wisata kuliner pun sudah tidak diragukan lagi bagi kami yang memang suka sekali makan masakan Jepang. Sushi, Ramen, Sashimi, Udon, Tempura, Takoyaki, Okonomiyaki, huaaaaaaaa.. lapiler

bblog-9-sushi 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

background photo source

Selain itu, karena letak Jepang masih di kawasan Asia, maka waktu perjalanan yang ditempuh juga tidak terlalu lama (kurang lebih 7 jam), dan ini sama saja dengan perjalanan kami naik kereta ke Semarang, hehehe. Sebenarnya banyak sekali tempat wisata yang ada di Jepang. Namun kali ini saya akan memfokuskan kepada wisata musim dingin yang belum banyak terekspos oleh traveler lokal Indonesia. Selain itu juga kan enak dingin-dingin romantis berduaan sama suami, hahaha. Benar-benar akan menjadi liburan musim dingin yang ideal untuk kami. Kira-kira ke daerah mana hayoo? Sokmisterius..

Ehiya, supaya tambah asik ngayalnya, saya pun punya ide untuk bikin itinerary khayalan untuk paket liburan musim dingin 5 hari 4 malam di Jepang. Saya juga udah niat banget nih bikin foto-foto ala-ala manga supaya bisa makin menjiwai khayalan saya ini, hahaha..

Siap-siap berasa lagi beneran pergi ke Jepang yaa.. 😀

Yuk berangkaaaat!

******

Keberangkatan

Pada pukul 11 malam, kami bertolak dari airport international Soekarno-Hatta (CGK) tercinta menuju negeri sakura, JEPANG. Airport yang kami tuju adalah International Airport Narita (NRT). Selain ke Narita, kami bisa juga memilih penerbangan ke International Airport Haneda. Namun kali ini kami lebih memilih bandara Narita supaya seperti di dorama Good Luck yang sering sekali menyebut bandara internasional Narita ini. Dan ehmmm.. Saya juga tak lupa membayangkan ada pilot seganteng Kimura Takuya lagi “nyetir” pesawat kami. Aah pasti tidur nyenyak deh selama disupirin pilot ganteng.. Okay salah fokus. 😆

bblog-2-Soetta 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

photo background source

Tiba di Jepang

Sekitar pukul 8 pagi, kami sudah tiba dengan selamat di Bandara Internasional Narita. Ngeces donk begitu lihat bandara sekeren dan semodern ini. Tapi wajar saja, Jepang adalah negara maju dan terdepan di bidang teknologi. Bandara yang kece dan baik merupakan salah satu faktor penting untuk keberlangsungan mobilisasi rakyatnya dan tamu-tamu negara (baca: traveler doonk). Eitss saya janji bakal tutup mata kalau melewati toko Uni Qlo disini. Yah walau katanya harganya bisa lebih murah dibanding diluar bandara, tapi saya mah fokusssss mau liburan sama suami. No shopping, yet! Baru sampe gituuh.. Hahaha..

bblog-3-Narita 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

background photo source

Dari Bandara Narita kami bisa langsung naik kereta ke pusat kota Tokyo menggunakan Narita Express (N’EX) hanya dalam waktu 53 menit. KECE! Walaupun deg-degan karena kendala bahasa, tapi yuk lah kita nekad aja jadi bukan lagi bocah petualang!

bblog-4-NEX 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

background photo source

 

Day 1: Tokyo

Kalau sudah di Jepang, jangan takut bakal kesusahan dan kebingungan mau naik apa. Sistem railways and train-nya sangat baik, on time dan melayani ratusan rute dengan schedule yang rapi dan terintegrasi online, kami bahkan bisa tahu schedule dan harga tiket hanya dengan mengetik “Narita to Tokyo Train” di Google! Dahsyat yaaa… Thumbs up untuk JR East (East Japan Railway Company) sebagai perusahaan kereta yang melayani sebagian besar rute kereta di Jepang.

Oiya, sebelum pergi ke Jepang, kami sudah booking JR Pass terlebih dahulu donk supaya jalan-jalan kemana aja naik kereta sudah tidak perlu beli daily pass lagi. Apa itu JR PassJapan Rail Pass (JR Pass) adalah tiket kereta yang ditawarkan untuk turis oleh Japan Railway Group. JR Pass berlaku untuk semua jaringan kereta JR di Jepang, termasuk kereta Shinkansen, Hikari dan Kodama, serta beberapa jaringan JR bus dan kapal ferry. JR Pass hanya bisa dibeli diluar Jepang dengan menunjukan passport asli yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor”. Untuk pemesanan JR Pass bisa lewat Tokyo Rail Days Indonesia atau coba cek facebooknya untuk info lebih lanjut. Tokyo Rail Days yang merupakan bagian dari JR East Travel Service. Dapatkan juga promo-promo menarik lainnya disana, Stress-free! Easy Buy! Easy Try! Easy Go!

page-brand-easy 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

Tokyo Fever

Sesampainya di Tokyo, kami bergegas check-in di salah satu hotel yang letaknya dekat dengan pusat fashion Ginza, Shibuya, dan Harajuku. Beuh bisa banget yaa milih hotelnya di pusat-pusat fashion Jepang. Modus banget! Hahaha. Eh tapi ini mah saya pilih supaya setelah beristirahat sejenak, terus sorenya bisa jalan-jalan keliling kota sambil window shopping dan wisata kuliner yummyyy. Oiya, semua tempat yang saya ingin kunjungi ini bisa dijangkau dengan kereta JR Yamamote Line, JR Sobu Line, atau JR Chou Line. Tinggal lihat saja rute kereta Tokyo disini yaa..

bblog-5-ginza 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

Ginza – background photo source

bblog-6-Harajuku 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

Harajuku – background photo source

 

Day 2: GALA Yuzawa & Onsen

Di hari ke-2 ini kami berencana ikut oneday tour GALA Yuzawa One Day Ski Fun! GALA Yuzawa terletak di kota Echigo Yuzawa, prefektur Niigata. Tempat ini biasa dikunjungi warga Tokyo yang mau main ski karena letaknya yang cukup mudah dijangkau. Untuk mencapai snowy wonderland ini cukup gampang dan cepat, hanya 77 menit dari stasiun Tokyo kalau menggunakan kereta double-decker Shinkansen lalu turun di Cowabunga Ski Center. Tidak perlu transfer kereta pula, pokoknya langsung nyampai ditempat. Lagi-lagi merasa sangat difasilitasi oleh sarana transportasi kereta disini. Kami pun yang belum pernah megang salju pasti langsung norak dan sekaligus freezing. Untungnya di area resort ini sudah disediakan penyewaan alat ski dan baju dinginnya. Jadi jangan takut saltum atau kedinginan, walaupun kalau mau berhemat bisa sih bawa perlengkapan baju dari Indonesia 😀

bblog-7-Gala-Yuzawa 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

GALA Yuzawa – background photo source

Di GALA Yuzawa ini kita bisa meluncur dari ketinggian 1.181 meter sampai ke ketinggian 358 meter. Woow mantep yaaa.. Etapi saya sih belum bisa main ski, baru belajar seperti anak-anak kecil ituu.. 😆 Oiyaa, disini juga pasti ada Ski Lift donk! Selain itu, di area ini terdapat Love Bell yang unik sebagai pengikat cinta. Cucok yaa kalau saya bunyikan bareng suami, hehehe..

image_main_03 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

photo source

bblog-8-Gala-Yuzawa 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

GALA Yuzawa Love Bell – background photo source

Puas main ski pasti kami kedinginan banget. Jadi kami langsung meluncur ke destinasi selanjutnya, yaitu pemandian air panas atau disebut Onsen untuk relaksasi. Di Jepang terdapat banyak pemandian air panas, pilih saja salah satu yang aksesnya mudah dan banyak direkomendasikan traveler lain. Salah satu yang berada di prefektur Niigata adalah Onsen Echigo-Yuzawa, atau bisa juga ke Onsen indoor yang ada di Cowabunga Ski Center. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan kalau mau mandi disini, yaitu:

  1. Melepas alas kaki
  2. Jangan salah masuk kamar ganti
  3. Melepas seluruh pakaian
  4. Mandi terlebih dahulu dipemandian yang telah disediakan, sehingga badan bersih dan wilayah Onsen tidak tercemar sabun.
  5. Taruh handuk kecil diatas kepala
  6. Baca aturan detail
  7. Jaga sikap! (source)
38685_2 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

photo source

 

Day 3: Kawazu Zakura & Gunung Fuji

Hari ini adalah hari yang indah! Karena pada hari ini saya dan suami akan melihat keindahan Sakura yang sedang mekar. Wohoo.. Kalau kami ke Jepang pada bulan Februari-April, maka kami bisa melihat keindahan spektakuler dari sekitar 8.000 pohon Sakura yang sedang mekar. Apalagi kalau The Kawazu-zakura Cherry Blossom Festival sedang diadakan. Huaaaah it must be very pretty to picnic under the cherry blossom trees! Oiya, Kawazu Zakura ini terletak di prefektur Shizuoka. Lagi-lagi tempat ini bisa didatangi dengan kereta dengan mudah.

bblog-10-sakura 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

background photo source

Tempat kedua yang kami datangi adalah tempat dimana kami bisa menikmati keindahan Gunung Fuji dilihat dari Danau Kawaguchi-ko (河口湖) yang termasuk dalam 5 Danau Fuji. Untuk menikmati keindahan gunung Fuji, kami bisa naik Kachi Kachi Ropeway (kereta gantung) atau naik kapal turis. Seru kaaan? Cuaca yang mendukung menambah keindahan panorama yang terbentang didepan kami.

Lake_Kawaguchiko_Sakura_Mount_Fuji_4 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

photo source

Di sekitar Danau Kawaguchi-ko ini juga terdapat beberapa tempat menarik, diantaranya: Kubota Itchiku Museum – sebuah museum unik yang menampilkan kimono dibuat oleh Kubota Itchiku, Kawaguchi-ko Museum of Art, serta Kawaguchi-ko Music Forest.

Day 4: More from Tokyo!

Sebenarnya masih banyaaak sekali spot kece yang bisa kami explore di Tokyo. Jalan-jalan ke Odaiba sambil cari oleh-oleh, mengunjungi Senso-ji Temple yang merupakan temple tertua di Tokyo, santai di Koishikawa Korakuen Garden, Ueno Park, ke Meiji Shrine, atau main ke Tokyo Disney Resort. Hmmm, tapi jalan-jalan lihat Winter Light Festival juga terdengar menggiurkan. Ah biarkan hari keempat ini mengikuti naluri dan mood saja, kemana mau melangkahkan kaki di negeri Samurai ini. Yang penting mau enjoy semuanya bareng suami tercinta. Lagian selama kami punya JR Pass, mau kemana aja tinggal berangkaaat. Hohoho..

Odaiba-001 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

Odaiba at night – photo source

nabano-no-sato-tunnel-of-light-japan 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

Winter Light Festival – photo source

 

Day 5: (don’t want to) Go Back Home!

Tidak terasa liburan pun segera usai. Kalau namanya liburan, pasti judulnya kurang teruuuus.. Pengennya lebih lama bisa explore Jepang, tapi kita sudah kangen banget sama Kal, anak kami. Tidak sabar rasanya ingin segera memeluknya. Bagi kami, memori yang terekam di Jepang sangat berharga, dan sangat menyenangkan rasanya bisa menghabiskan waktu berdua dengan suami saat musim dingin di Jepang yang sangat menawan. Jakarta, we’re coming back! 🙂

******

Naah, begitulah kira-kira rencana liburan musim dingin ideal kami di Jepang. Semoga rencana ini bisa terealisasi yaa.. Aamiin, mohon dukungan dan doanya karena postingan ini berpartisipasi dalam “My Ideal Japanese Winter Vacation” Blog Competition [5]

10978521_342918119243363_4394308011921364061_n 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

photo source

Referensi Artikel: East Japan Railway Company | Kawazu Onsen | GALA Yuzawa Snow Resort | Japan Guide

********

More about Gala Yuzawa:

Gala Yuzawa

Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Jadikanlah Gala Yuzawa sebagai salah satu tujuan wisata kamu apabila berlibur ke Jepang.

Untuk informasi lebih lengkap dapat mengunjungi:

Website resmi: http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/

Facebook page: https://www.facebook.com/id.jprail

poster-1 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East poster-2 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR Eastposter-3 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

JR East (Tokyo Rail Days) Official Website

*****

Wasalamu’alaikum!

Ola Aswandi | Twitter @olanatics | IG olanatics

DO NOT COPY & PASTE THE PHOTOS WITHOUT PERMISSION

Copyright of olanatics.com

campaign?guid=on&k=MFMsyY373ImKf13t9QVXyJ1XH6TBbWBb&c=50734837dd2dfc721cf5af8500449d0a 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East

chart1 2nd Honeymoon Trip To Japan With JR East4,512 unique page views

104 Comments

  1. mba Ola….Bagus bgtttttt..Kreatif,Inspiratif,Editan Foto2nya itu lho…jadi pengen Berguru sama bundo Ola..Kalo semua di rangkum di bukuin dan pasti akan jadi best seller yang pasti pengen jadi pembeli pertama…#olanaticsXsophieparis#givemeIFWinvitation

  2. Biasanya postingan itinerary itu bosenin, panjang dan males buat dibaca, kecuali kalo perlu banget. But this one, yg gak nyari itin pun jadi pengen ikutan pergi hahaha
    Goodluck, Mbak Ola!

  3. Kaaaaa olaaaaa!!!! Gakkk tauu mauu bilaangg apaa tapii sumpahhh ini postingannya keren, ngayalnya juga keren lengkap full ceritanya jadi ikut ngayal jugaa lagi holiday di Jepang duhh mana fotonyaa ucul-ucul cuanettss berasa lagi baca report liburaan. Dreams come true inshaAllah yaaa kaa Olaaaa :* aamiin. hehehheheh #olanaticsXsophieparis #givemeIFWinvitation

  4. Halo kaaak (boleh kan panggil kakak? Kalau nggak blh maafin aku…) :))
    Nggak sekali dua kali aku baca post kakak dan I do adore postingan kali ini.
    Ngeguide bgt karena tulisannya nggak hanya deskripsi tempat2 serunya aja tapi juga how to get there, buat yg doyan traveling jelas it helps, lengkap soalnya. Udah prepare bgt dari tulisannya ketahuan, hehe
    Semoga menang dan bisa ‘shower’ sakura ya kak, maksudnya pas lagi sakuranya berguguran ala2 film (for being honest Winter Light Festivalnya utk romantis ala2 bgt), kalau menang update post yg bnr2 disana ya kak, termasuk kulinernya seriusan kak.

    Nggak hanya ngeguide tapi juga menyadarkan sesuatu dlm diri gitu dari inspirasinya kakak, ini yg dirasa ‘ngena’. Kita punya tujuan, kita punya kesempatan, dan kalau tujuan + kesempatan itu ketemu, terjadilah keberuntungan (keberuntungan kak Ola & keluarga tersayang menang gitu disini ceritanya). Tapi utk menyelaraskan itu, ada usaha, dari planning sedetail2nya, selengkap2nya, sampai doa (jgn lupa doa biar menang ya kak, dibantuin kok dari sini), semua kakak urai jelas disini. Sering2 aja post kyk gini kak, hehe

    Semoga keberuntungan juga bikin aku menang invitation nonton IFW 2015 dari kakak.
    Amin ya kaaak, eheheee :3

    #olanaticsXsophieparis
    #givemeIFWinvitation

    May God bless you & your family as always.

  5. wah comen sebelumnya ga masuk yah….super duper sangat inspiratif akan hayalannya, dtunjang dg. foto2 editannya
    jadi berkhayal nih honeeymoon kJepanng semoga ola menang ya…:)….

  6. waah…super duper inspriatif dan kreatif, saya pikir tadinya mba Ola udah kejepang mi kodong ternyata masih berkhayal ji,apa lagi dtunjang dg foto2 editannya,hii..lucu banget jempol daah…..

    • wah super duper inspiratif dan kreatif,saya pikir tadinya mba ola udah kJepang mi kodong ternyatamasih berkhayal ji, apalagi dtunjang dg foto2. editannya,hii..lucu banget. semoga saya juga menang nonton IFW 2015 aamiin. #Olanatics Xshopieparis #giveme IFwinvitation

  7. waahhh bagus banget , dari mulai foto2 nya, editing nya sampe alur ittinary perjalanan nya, seakan-akan ikut tour bersama kalian 😀
    goodluck frau, Ich hoffe, dass Ihre Träume wahr werden ^_^

  8. Subhanallah! Kereeenn abiez!! Daya imajinasinya luuaarr biasa berasa sy lg jln2 ke Jepang jg wkwkk… Ini bener2 niat abis dilengkapi foto2 yg bnr2 eye catching dah cucok pergi ke Jepang nih mbak ola sekeluarga semoga menang yaah, “If There’s A Will There’s A Way” amiin..

    Dan semoga sy jg menang invitation nonton IFW 2015 amiin hihii..
    #olanaticsXsophieparis
    #givemeIFWinvitation

    • Aamiin.. Makasih yaa.. Semoga kamu jg menangin invitnyaa.. Nanti diumumin di IG yaaa

  9. Super suka sama editan fotonya. Ka Ola kalo edit foto emang top dah! Semoga menang ya ka Ola biar ke jepang bareng bapake :*

    • Subhanaallah niat yang sangat indah & mulia. Saya suka dengan daya khayalnya yg sangat tinggi, dibikin semuanya dengan rapih sekali. Fotonya bagus banget, kreativitas yg sangat tinggi. Memilih tema yang bener-bener dari keinginan kita sendiri. Karna sesungguhnya semua terjadi berawal dari mimpi semua org harus bermimpi karna dengan kita punya mimpi berarti kita punya tujuan hidup. Dan cara mengapai mimpi itu dengan yakin, fokus, percaya suatu saat mimpi yang kita idam-idamkan akan tercapai. AMINNNN #OlanaticsXsophieparis #givemeIFWinvitation

  10. Bundooo..khayalan yang inspiratif dan informatif banget, puanjang ceritanya tapi ngga bosen bacanya soalnya editan fotonya lucu, pas dan ngga lebay..semoga segera terealisasi 2nd honeymoonnya ya bundo dan masKaL punya ade deh, Aamiin#olanaticsxsophieparis#givemeIFWinvitation#

  11. akhirnya baca postingan ini jugaa setelah banyak yang promote di IG dan path. Kereeen Ola, ngebaca ini tuh udah kayak ikut jalan2nyaa.. terus sambil ketawa-ketiwi lihat gambarnya, hihihi, semoga menang Ola dan terwujud impian jalan2 di Jepangnyaaa.. :*

    • hahaha iya alhamdulillah temen2 blogger pada ngebantuin promo juga.. hihihihi.. makasih ya Irmaa.. aamiin semoga terwujud!

  12. Olaaaa, ceritanyaa keren, imajenasi lo oke bingits, dan bisa detail pulakkk hahaha mungkin orang yang udah ke jepang aja ga bisa nulis cerita detail kayak lo gini.. Keren laaa, semogaa menang ya laa semoga bisa jadi liburan ya sesungguhnyaa. AMIEN.

    • Yah dr jaman kuliah kan gue udh bakat ngayal toh zaa.. Hahaha.. Makasih yaa, aamiiin!

  13. Mampir ke sini gegara post Nita di IG. Muahahahaha… keren banget poto-potonya, Ola xD. Semoga menang yaaa lombanya. Aamiin

    • Hahaha Nita tim buzzer berhasil berarti hahaha.. Makasih hdh mampir yaa Miaa.. Aamiin!

  14. Ka olaaa… postingannya bikin mupeng kesana. Dan pas baca ngerasa klo ka ola udh kesan. Tumbs up!! Semoga memang bener2 bisa ke sana yaa ka untuk 2nd honeymoon pulang2 bawa adek buat kal. Aamiin.

  15. Keren Mbak Ola, ceritanya seru, fotonya juga keren..kreatif! d^^b. Semoga foto-foto editannya bisa beneran kejadian alias ada rejeki untuk menang dan berlibur di Jepang, aamiin 🙂

  16. Kak Olaaaa… ini mah ngayal nya kebangetan niat.. sampai itinerary nya aja udah mantap, serasa beneran udah siap trip ke Jepang. foto-fotonya juga lucu, kebayang banget kalo foto dengan latar pemandangan & kegiatan selama di Jepang kayak apa. Super niat & super layak buat jadi pergi ke Jepang! aamiin..

  17. Cerita nya seru bundo.. Bayanginnya aja udh kaya film2 drama comedy hihi ilustrasinya juga lucu2, ngepas bgt.. Emng jago + kreatif lah bundo ini dari dulu 😀 semoga terwujud ya bundo 🙂

    • Hehehe.. Iyaa mba Ety supaya lebih afdol ngayalnya jadi pake edit2 foto hehehe.. Thanks for visiting yaa

  18. Lucuuukk gw suka bacanya.. ceritanya lucu disupport foto2 editan lo yg jatohnya pas bgt di gambar2nya…semoga menang bundoooo ♥♥♥

    • Hahaha ini juga baru pertama kali bikin yg model begini dev.. Biasanya gak pernah hahaha

  19. Olaaa kreatip beneer!! Aku terhibur banget baca postingan inih hahaha apalagi ada komik2nya, kyaaa!! BTW hari pertama sampe Jepang tuh ganti jibab jadi krem ya? *salah fokus

    • Hahaha.. Nah itu ceritanya biar fresh kudu ganti jilbab donk tiaa.. Kan hijab blogger.. Huahahaha.. Abis yg pake abu2 itu posenya jaim2, pose katalog soalnyaa hahaha

  20. wah gawat kalo Suam baca ini (doi suka banget ama Jepang) makin menjadi ngerengeknyaaaa LOL… I really like this post kak Ola!!!!

  21. Eh gak masuk ya komen sebelumnya? Ini postingannya keren abiiis. Suka banget baca itinerarynya dan fotonya ituloooh. Hahaha. Lucuuu. Kufavoritin menang ini mah. Semiga beneran jadi liburan ke Jepangnya yaaa.

Mana jejaknya?